Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dengan pekerjaannya untuk menghasilkan sistem kerja yang optimal. Ergonomi berasal bahasa Yunani, yaitu ergon dan nomos. Ergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Peran seorang ergonom sangat diperlukan untuk mendukung program kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

 

Tujuan utama dari diterapkannya ergonomi yaitu untuk memahami atau memperoleh pengetahuan mengenai interaksi antara manusia dengan segala hal yang ada di sekitar manusia terkait dengan pekerjaan adar dapat mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan performa keseluruhan pada sistem kerja.

Apa Itu Teknik Industri? Berapa Gaji Lulusan Teknik Industri?

Contoh Penerapan Ergonomi Pada Pekerjaan

Kasus pekerja kantoran bekerja di meja komputer

Ketika kita bekerja dengan menggunakan komputer (misalnya mengetik), tentu perlu memperhatikan desain meja, kursi dan jarak pandang terhadap monitor.

 

Bila desain meja terlalu rendah dari kursi, maka yang terjadi kita akan mengetik dengan cara membungkuk. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap kelelahan pada tulang punggung, yang berakibat nyeri. Oleh karena itu desain meja dan kursi perlu diperhatikan agar dalam mengetik kita tidak dalam kondisi membungkuk.

 

Jarak pandang dengan monitor juga perlu diperhatikan,agar tidak terlalu dekat dengan mata. Karena dapat menimbulkan kelelahan pada mata, sehingga dapat merusak daya penglihatan.

 

Kasus pada pekerja bangunan

Ketika kita mengangkat batu bata dengan jumlah tertentu dengan tangan kosong, terkadang kita lupa tata cara dalam mengangkatnya. Pada kebanyakan kasus para pekerja bangunan mengambil batu bata di tanah dengan cara membungkukkan badan sambil berdiri.

 

Hal ini tentu saja tidak bisa dibenarkan, sebab dapat menyebabkan sakit pada tulang belakang akibat titik tumpu benda kerja berpusat pada tulang belakang. Penanganannya yaitu ketika mengangkat batu bata harus bertumpuan pada lutut kaki. Pengangkatan batu bata harus dilakukan dalam posisi jongkok, sehingga titik tumpu beban kerja berada di lutut kaki, bukan pada tulang punggung.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Industri Kuliahnya Terlalu Luas

Fungsi Ergonomi di Industri

llmu ergonomi mempunyai beberapa fungsi utama bagi dunia industri, berikut dua fungsi utama Ergonomi:

  1. Menyesuaikan pekerjaan kepada manusia (fit the job to the man)
  2. Menyesuaikan produk ke pengguna. (Fit the product to the user)

 

Penjelasannya sebagai berikut

Fit the job to the man artinya ilmu ergonomic berfungsi supaya pekerjaan yang dilakukan manusia bisa nyaman dan sesuai dengan kondisi manusia pekerja yang menjalankan, semisal seorang pekerja perakitan harus diuapayakan supaya area kerja, peralatan kerja dan lingkungan sesuai dan mendukung untuk kondisi dia bekerja, dengan area dan peralatan kerja yang ergonomis, maka pekerja bisa memberikan hasil yang signifikan kepada perusahaan.

 

Fit the product to the user maksudnya ilmu ergonomic berfungsi supaya produk yang dibuat oleh perusahaan benar-benar bermanfaat bagi pengguna, semisal perusahaan tas pasti akan berupaya memproduksi tas yang sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, sehingga pengguna merasa nyaman dan enak menggunakan tas tersebut, kepuasan pelanggan yang diperoleh akan memberikan pengalaman yang baik kepadanya tentang produk perusahaan.

Teknik Industri Kerja Apa? Bingung Mencari Kerja Teknik Industri?

Manfaat Ergonomi di industri 

Mempelajari dan mempraktekan ilmu ergonomi akan memberikan beberapa manfaat yang luar biasa bagi industri, berikut 7 manfaat ergonomi bagi industri

  1. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja
  2. Mengurangi dan mencegah kecelakaan kerja
  3. Meningkatkan efisien dan efektivitas kerja
  4. Mengoptimalkan jam kerja karyawan
  5. Membuat produk perusahaan lebih disukai pelanggan
  6. Membuat perusahaan lebih berdaya saing
  7. Meningkatkan keuntungan perusahaan