Pekerjaan Teknik Industri apa? – Nah buat anda yang merupakan lulusan Jurusan Teknik Industri, dan ragu mencari pekerjaan seperti apa, yuk ikuti 6 prospek kerja Jurusan Teknik Industri yang berpenghasilan besar:

 

Analis Produksi

Pekerjaan Departemen Teknik Industri yang memiliki prospek pekerjaan luas merupakan analis penciptaan awal. Tidak hanya memiliki prospek pekerjaan yang bagus, tetapi posisi analis kreasi juga memiliki keterampilan karir yang hebat. Karena pekerjaan ini memiliki sinergi yang sangat kuat karena ilmu yang didapat di bangku kuliah akan sangat berguna dalam pekerjaan ini.

 

Sebagai analis kreasi, Anda harus bertanggung jawab untuk menganalisis proses kreasi, mengontrol kualitas kreasi, mengoptimalkan dan memelihara alat kreasi, hingga mengontrolnya.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia (HRD)

Pekerjaan Departemen Teknik Industri selanjutnya yang memiliki kesejahteraan kerja yang luas adalah sebagai pekerja dalam pengelolaan sumber daya manusia atau biasa disebut HRD (Pengembangan Sumber Daya Manusia). Seorang HRD ingin mengambil tanggung jawab penuh, untuk menemukan calon karyawan yang dibutuhkan oleh setiap divisi.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Industri Kuliahnya Terlalu Luas

HRD harus sepenuhnya memahami kandidat yang harus dia pilih karena industri berkewajiban untuk menemukan orang yang tepat di posisi atau posisi tersebut. Dengan menyeleksi calon yang tepat, diharapkan calon-calon tersebut dapat memajukan kinerja industri.

 

Begitu pula sebaliknya, jika seorang HRD tidak dapat mengelola sumber energi yang dipilihnya, maka sinergi industri juga dapat menyusut, dan bangkrut. Sehingga mengelola manusia ternyata juga sangat berarti.




 

Quality Control

Tugas Jurusan Teknik Industri selanjutnya adalah menjadi quality control atau disingkat QC. Divisi ini bertanggung jawab atas kualitas benda yang dihasilkan oleh setiap mesin kreasi, dalam suatu industri manufaktur. QC tidak hanya bertanggung jawab atas kualitas, tetapi QC juga bertanggung jawab untuk membenarkan beberapa barang yang dibuat sesuai dengan standar yang telah diterapkan sebelumnya.

 

Dengan demikian kualitas benda selalu tidak berubah, dan konsumen dapat menerima produk yang sesuai dengan yang tertera pada kemasan produk. Nah, tak hanya itu, lulusan Jurusan Teknik Industri umumnya dipercaya bekerja sebagai kepala penjaminan mutu. Dimana jabatan tersebut bertanggung jawab untuk mengontrol setiap bawahannya agar dapat bekerja secara efisien dan efektif.

 

Health and Safety Environment Engineer

Prospek pekerjaan dalam pekerjaan Departemen Teknik Industri adalah menjadi insinyur lingkungan keselamatan kesehatan. Dimana, jika Anda berada pada posisi ini, Anda wajib bertanggung jawab atas keputusan yang diambil oleh industri terkait, ketentuan, dan keselamatan kerja karyawannya.




 

Prospek kerja HSE juga sangat terbuka bagi new graduate atau fresh graduate, serta yang memiliki pengalaman kerja. Tidak sendirian, HSE Engineer juga akan dibantu oleh beberapa teknisi dalam melakukan uji coba dan saat melakukan kalkulasi berisiko yang perlu diakui oleh industri.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Industri? Apa Prospeknya?

Purchasing, Marketing, Serta Sales Engineer

Meski tidak terkait langsung dengan pekerjaan lain di Departemen Teknik Industri, beberapa pekerjaan tersebut juga bisa ditempati oleh lulusan IT. Pasalnya, dengan memiliki pengetahuan yang luas, lulusan IT juga bisa bekerja di divisi-divisi seperti pemasaran, pembelian, dan penjualan. Nah, pada divisi ini umumnya Anda bisa bekerja di industri retail yang menjual furniture rumah tangga atau elektronik.

 

Pasalnya, lulusan Teknik Industri harus sudah memahami hal-hal dasar tentang Teknik agar lebih mudah berbagi ilmu terkait produk.