Perusahaan yang menerima lulusan teknik industri menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini diminati di tingkat perguruan tinggi. Bagaimana tidak, peluang kerja Teknik Industri meliputi bidang manufaktur, manajemen industri, serta tekno-ekonomi dan sistem industri.

 

Teknik Industri sendiri merupakan jurusan teknik interdisipliner. Maka tak perlu heran jika Sarjana Teknik dari jurusan ini serba bisa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika prospek kerja Teknik Industri juga memiliki kriteria ‘interdisipliner’.

 

Apa saja jenis pekerjaan Teknik Industri? Untuk menjawab rasa penasaran sobat, berikut Perusahaan Yang Menerima Lulusan Teknik Industri dan perkiraan gaji besar setiap bulannya.

Victory Chingluh Indonesia

  1. Victory Chingluh Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri sepatu olahraga. PT. Victory Chingluh Indonesia menerapkan sistem pengelolaan lingkungan dan energi yang sesuai dengan tujuan dan konteks organisasi serta mendukung arah strategis yang berkomitmen untuk:
  2. Mematuhi semua undang-undang, peraturan, dan persyaratan lain yang diterima perusahaan serta standar yang ditetapkan perusahaan terkait dengan aspek lingkungan dan energi.
  3. Melindungi dan melestarikan lingkungan alam dengan mengurangi dan mencegah pencemaran dan dampak lingkungan yang terkait dengan kegiatan perusahaan.
  4. Berhati-hatilah terhadap peluang.
  5. Melakukan konservasi energi yang berkelanjutan dan efisiensi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Mineral & Sumber Daya Energi secara rasional tanpa mengurangi manfaat atau fungsi yang sangat dibutuhkan.
  6. Melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa berdasarkan efisiensi energi dan memastikan pertimbangan kinerja efisiensi energi pada saat dilakukan perubahan desain, modifikasi fasilitas peralatan sistem, dan proses.
  7. Meningkatkan kinerja energi perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas penilaian kinerja energi dari pelanggan.

Berapa Gaji Lulusan Teknik Industri di Indonesia Saat Ini?

Gajah Tunggal Tbk

Didirikan pada tahun 1951, PT. Gajah Tunggal Tbk. memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak saat itu Perseroan telah berkembang menjadi produsen ban terintegrasi terbesar di Asia Tenggara.

 

Perusahaan memperluas produksi dengan melakukan diversifikasi produk melalui produksi ban sepeda motor pada tahun 1971, diikuti oleh ban bias untuk mobil penumpang dan komersial pada tahun 1981. Pada awal tahun 90an, perusahaan mulai memproduksi ban radial untuk mobil penumpang dan truk.

 

VISI

Menjadi Warga Perusahaan yang Baik dengan posisi keuangan yang kuat, pemimpin pasar di Indonesia, dan produsen ban berkualitas dengan reputasi global.

 

MISI

Menjadi produsen terdepan dan terpercaya dari portfolio produk ban yang optimal, dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang unggul sekaligus untuk terus meningkatkan ekuitas merek produk kami, melaksanakan tanggung jawab sosial kami, dan memberikan profitabilitas / hasil investasi kepada pemegang saham dan nilai. ditambahkan untuk semua pemangku kepentingan perusahaan.




 

PT Panata Jaya Mandiri

PT Panata Jaya Mandiri adalah perusahaan patungan dengan Donaldson Company Inc. USA (pemimpin dunia dalam industri filtrasi). Perusahaan memproduksi produk filtrasi untuk alat berat, turbin gas, mesin industri, peralatan konstruksi, dan otomotif.

 

Perusahaan juga memasok pelanggan sektor OEM dan OES, seperti Hino, Hitachi, Isuzu, Komatsu, Kubota, Mercedes Benz, Nissan Diesel, Toyota, dan Yanmar. Sejak tahun 2006, Perusahaan telah diakui oleh pemerintah sebagai wajib pajak yang patuh.

 

Perusahaan Manufaktur dan 5 Perusahaan Distribusi

Areal produksi di Jakarta Utara seluas 5 (lima) hektar. Pusat produksi ini berlokasi strategis di pintu gerbang untuk mengakses Bandara Internasional Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Situs Tangerang berada di atas lahan seluas 75 hektar, dimana 40 hektar di antaranya telah dimanfaatkan secara maksimal. Sisanya untuk program perluasan produksi ke depan.




 

PT Lotte Packaging

  1. Sangat bagus untuk dicetak dan digunakan di mesin
  2. Gloss dan transparansi yang sangat bagus. Berbagai jenis bungkus
  3. Sifat teknis yang sangat baik dan ukuran yang stabil
  4. Kekuatan benturan, kekuatan tarik, dan ketahanan panas yang sangat baik
  5. Ketahanan kimia yang sangat baik
  6. Sangat baik tahan cuaca, isolasi listrik dan sifat penghalang

Perkenalan produk

BOPP Film ini digunakan untuk membungkus snack atau ice cream yang mudah dicetak sehingga pembungkusnya terlihat lebih mewah dan berkilau.

 

Aplikasi untuk kantong.

Film BOPP ini digunakan untuk membungkus garmen (baju) atau / dan makanan agar terlihat lebih gaya, mewah, dan transparan.

 

Aplikasi untuk Heat Sealable

Film BOPP ini digunakan untuk pembungkus rokok, sedotan minuman dengan sifat heat sealable, dan dikemas dengan rapi, rapat, dan transparan.

 

Aplikasi untuk Pita Perekat

Film BOPP ini digunakan untuk pita perekat dengan sifat perekat yang baik dan dapat dicetak.



 

Mayora Indah Tbk

  1. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target pasar Jakarta dan sekitarnya. Sebagai salah satu Perusahaan Barang Konsumen yang Bergerak Cepat, PT. Mayora Indah Tbk. telah memantapkan dirinya sebagai salah satu produsen makanan dengan kualitas terbaik dan pemenang penghargaan.

 

Sebagai salah satu Perusahaan Barang Konsumen yang Bergerak Cepat, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan diri sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah menerima banyak penghargaan, di antaranya “Lima Besar Perusahaan Terkelola Terbaik di Indonesia” dari Asia Money, “100 Perusahaan Eksportir Terbaik di Indonesia” dari majalah Swa, ” 100 Perusahaan Terbuka Terbaik ”dari Majalah Investor Indonesia,“ Produsen Produk Halal Terbaik ”dari Majelis Ulama Indonesia, Perusahaan Tercatat Terbaik dari Berita Satu,“ Penghargaan Sekretaris Perusahaan Indonesia, 5 Besar Masalah Tata Kelola Perusahaan yang Baik di Sektor Barang Konsumen, dari Warta Ekonomi dan banyak lagi penghargaan lainnya.

 

PT Surya Toto Indonesia Tbk

Perusahaan memulai usahanya dengan nama CV Surya yang bergerak di bidang penjualan material bangunan khususnya produk sanitary. Pada tahun 1968, Perusahaan kemudian menjadi agen penjualan resmi TOTO Ltd Jepang, merek produk saniter yang terkenal di dunia.



 

Joint Venture dengan TOTO Ltd. Jepang

Tonggak penting dicapai perusahaan saat mendirikan usaha patungan dengan TOTO Ltd. Jepang pada Juli 1977. CV Surya, kemudian berganti nama menjadi PT Surya Toto Indonesia (STI). Usaha patungan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi sebuah perusahaan Indonesia, mengingat usaha patungan ini merupakan bentuk usaha patungan pertama di luar Jepang yang didirikan oleh TOTO Ltd. sejak Perang Dunia Kedua.

 

Usaha patungan ini juga menunjukkan kepercayaan yang besar kepada Perusahaan serta pengakuan atas potensi Indonesia yang menjanjikan dalam hal sumber daya alam yang melimpah, tenaga kerja terampil, dan biaya energi yang relatif lebih rendah. Pabrik produk saniter pertama kami mulai beroperasi pada tahun 1978 dengan tenaga kerja 65 orang.

 

Pada tahun 1980, Perusahaan mulai mengekspor produk saniternya ke luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa produk Perseroan telah diakui kualitasnya di dunia internasional. Dengan produk dan layanan berstandar internasional, pada tahun 1981 Perseroan berhasil memperoleh sertifikat pengakuan dari Singapore Institute of Standard and Industrial Research (SISIR).

 

Seiring dengan perkembangan Perseroan dan untuk menunjang bisnis produk saniter, pada tahun 1985 dibangunlah pabrik fitting (produk saniter, seperti keran air, pancuran, dll). Pabrik juga terus dikembangkan dengan berbagai fasilitas perbaikan, antara lain mesin pengecoran kuningan dan mesin injeksi plastik.

Pekerjaan Lulusan Teknik Industri Dan Perusahaan Yang Menerimanya

 

Perlu dicatat, setiap perusahaan dan lini bisnis memiliki kisaran gaji yang tidak bisa langsung dibandingkan. Kita tidak bisa membandingkan jeruk dengan apel, bukan? Bisa saja pekerjaan Teknik Industri di perusahaan A menghasilkan rupiah yang berbeda dengan pekerjaan di perusahaan B.

 

Masih banyak hal lain yang mempengaruhi seberapa besar pendapatan yang kita bawa pulang. Maka alangkah baiknya jika kita menggunakan gambar diatas sebagai ilustrasi seperti apa prospek pekerjaan Teknik Industri nantinya akan kita jalani.

 

Siapa tahu, mungkin empat tahun ke depan setelah Sobat Alfand lulus kuliah, prospek Teknik Industri akan banyak berubah jika dibandingkan prospek di periode tersebut. Jadi, mengapa kita tidak tetap membuka pikiran kita dan melihat melampaui angka-angka itu?