Pekerjaan Lulusan Teknik Industri Dan Perusahaan Yang Menerimanya

Pekerjaan Lulusan Teknik Industri Dan Perusahaan Yang Menerimanya

Pekerjaan Lulusan Teknik Industri – Peran lulusan teknik industri dapat terdiri dari jalur sistem pemotongan, merampingkan ruang operasi, pemasaran global yang bermuara pada tujuan penghematan modal dan efisiensi sumber daya. Pada dasarnya departemen teknik industri dapat dibagi menjadi tiga sub bidang keahlian.

 

Sistem Manufaktur

Bidang keahlian sistem manufaktur menekankan pada pembahasan perencanaan optimasi sistem produksi dengan menerapkan konsep dan metode kuantitatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan aspek kehidupan. lingkungan kerja.

 

Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam sistem manufaktur antara lain sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, desain tata letak pabrik, dan ergonomi.

Berapa Gaji Lulusan Teknik Industri di Indonesia Saat Ini?

Manajemen Industri

Bidang keahlian manajemen industri membahas tentang bagaimana menciptakan dan meningkatkan nilai sistem bisnis melalui fungsi dan proses manajemen dengan mengandalkan keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan bisnis yang dinamis dalam upaya menghadapi persaingan dunia yang semakin kompetitif.

 

Beberapa mata pelajaran yang dipelajari dalam manajemen industri adalah manajemen keuangan, manajemen mutu, manajemen inovasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keputusan, dan ekonomi teknik.

 

Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

Bidang sistem industri dan keahlian tekno-ekonomi membahas peningkatan daya saing sistem terintegrasi yang terdiri dari tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan dunia usaha, masyarakat, dan pemerintah.

Ilmu yang dipelajari adalah sistem industri dan tekno-ekonomi seperti statistik industri, sistem logistik, logika pemrograman, riset operasional, dan sistem database.




 

Prospek Kerja Teknik Industri

Berbagai ilmu yang didapat oleh seorang mahasiswa jurusan teknik industri menjadikan lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang relatif luas. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik industri, dari industri kecil hingga besar, dari industri hulu hingga hilir. Beberapa peran yang dapat diambil oleh lulusan jurusan teknik industri di berbagai perusahaan meliputi:

 

1. Divisi Produksi

Di Divisi Produksi, seorang mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri umumnya dipercaya mampu menangani berbagai hal dalam proses produksi sebuah pabrik. Hal ini dikarenakan selama kuliah seorang mahasiswa jurusan teknik industri mendapatkan ilmu di bidang proses produksi seperti mata kuliah Simulasi Sistem, Desain Tata Letak Pabrik, dan lain sebagainya.

 

Jobdesk Divisi Produksi Lulusan Teknik Industri

Beberapa contoh Job desk Divisi Produksi yang diselenggarakan oleh seorang mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri adalah:

  1. Production Analyst bertugas mengelola sistem kerja yang efisien dan efektif.
  2. Kepala Produksi bertugas mengatur seluruh tim produksi agar dapat menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan efisien

 

2. Divisi Engineering

Divisi Teknik merupakan divisi yang bertanggung jawab atas kelancaran pengoperasian mesin produksi agar dapat beroperasi sesuai dengan kapasitas mesin tersebut. Di divisi ini, seorang mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri sering dipercaya oleh sebuah perusahaan untuk menjabat sebagai Head of Engineering.

 

Jobdesk Divisi Engineering Lulusan Teknik Industri

Orang ini bertanggung jawab untuk:

  1. Mengorganisir tim engineering dalam pengaturan mesin produksi agar selalu dalam kondisi terbaiknya
  2. Kelola jadwal perawatan untuk setiap mesin produksi
  3. Pastikan setiap part yang diganti pada mesin produksi adalah part yang benar dan memiliki kualitas part yang benar
  4. Bertanggung jawab atas kualitas barang yang dihasilkan di setiap mesin produksi agar sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan.

 

3. Divisi PPIC/Gudang (Warehouse)

Divisi PPIC / Gudang merupakan divisi yang bertanggung jawab untuk:

  1. Buat jadwal untuk menggunakan mesin
  2. Memastikan kesesuaian kebutuhan bahan baku untuk setiap mesin produksi agar stok bahan baku sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin produksi berdasarkan permintaan dari bagian pemasaran.
  3. Memastikan setiap bahan baku yang masuk dalam jumlah dan kualitas yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan
  4. Memastikan proses peletakan masing-masing mesin produksi sesuai dengan jalur proses produksi agar jalur distribusi barang tidak terjadi konflik
  5. Pastikan penempatan yang teratur dan mudah dijangkau untuk setiap bahan baku yang disimpan di gudang.

 

Secara umum, seorang mahasiswa pascasarjana jurusan Teknik Industri di Divisi PPIC / Gudang dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala PPIC atau Kepala Gudang yang merupakan posisi krusial dalam sebuah industri manufaktur.




 

4. Divisi SHE (Safety, Health, and Environment)

Divisi SHE adalah divisi yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan pekerja dan lingkungan dimana suatu industri berdiri.

Divisi ini merupakan divisi yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena setiap kebijakan dan pekerjaan yang dilakukan Divisi SHE sangat memperhatikan keselamatan atau jiwa para pekerja di perusahaan.

 

Secara umum, seorang mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Health Safety Environment Engineer yang tugasnya menganalisis lokasi dan prosedur kerja untuk dampak keselamatan dan kesehatan pekerja.

 

5. Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia atau yang lebih sering dikenal adalah divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD). Divisi ini bertugas untuk mencari calon tenaga kerja yang dibutuhkan oleh setiap divisi di suatu perusahaan.

Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan orang yang tepat pada posisi / jabatan yang tepat.

Teknik Industri Kerja Apa? Bingung Mencari Kerja Teknik Industri?

Divisi ini merupakan divisi yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena divisi ini harus dapat memastikan bahwa setiap calon tenaga kerja yang direkrut merupakan orang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam memajukan perusahaan.

Apabila Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia tidak memperhatikan dengan serius setiap rekrutmen calon tenaga kerja maka dipastikan perusahaan tidak akan dapat maju dan dapat mengakibatkan suatu perusahaan bangkrut.

 

6. Divisi Pemeliharaan (Maintenance)

Divisi Maintenance ini mempunyai tugas yang sangat erat kaitannya dengan Divisi Engineering, karena pada umumnya dalam sebuah perusahaan manufaktur kedua divisi tersebut selalu bekerja sama untuk memastikan setiap mesin produksi beroperasi pada kapasitas terbaiknya.



 

Setiap mesin produksi meskipun merupakan mesin baru tetap memerlukan perawatan, karena tanpa perawatan mesin produksi rentan terhadap kerusakan atau cacat pada setiap barang produksi.

 

Divisi Maintenance ini juga memiliki posisi yang sangat krusial, karena bagus tidaknya setiap produk tergantung dari kualitas mesin produksi.

 

Apabila Divisi Maintenance ini tidak melakukan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab maka dipastikan setiap mesin produksi di perusahaan manufaktur akan mengalami kerusakan yang berakibat pada hasil produksi yang tidak optimal.

 

7. Divisi Perencanaan Biaya dan Cost Control Engineer

Divisi Insinyur Perencanaan Biaya dan Pengendalian Biaya adalah divisi yang bertanggung jawab untuk:

  1. Buat perhitungan biaya, waktu, dan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu produksi
  2. Memastikan setiap mesin atau aset yang dibeli perusahaan memiliki jaminan hasil yang menunjang perusahaan dan memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan.

 

Umumnya seorang mahasiswa lulusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Cost Control Engineer. Seorang Insinyur Pengendalian Biaya dengan pengalaman kerja 5 tahun dapat memiliki gaji minimum Rp15.000.000 per bulan.

 

8. Divisi Pengendalian Mutu (Quality Control)

Divisi ini merupakan divisi yang bertanggung jawab atas kualitas barang yang dihasilkan oleh setiap mesin produksi di industri manufaktur. Divisi ini harus dapat memastikan bahwa barang yang dihasilkan sesuai dengan standar mutu yang telah diterapkan sebelumnya dan mencegah konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan perusahaan.



 

Secara umum seorang mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Quality Assurance Head dimana posisi tersebut harus mampu mengatur setiap bawahannya agar dapat bekerja secara efisien dan efektif dalam menjaga kualitas barang hasil produksi.

 

9. Bidang Sistem Informasi

Divisi Sistem Informasi merupakan salah satu divisi yang saat ini semakin dibutuhkan oleh setiap perusahaan di dunia baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan non manufaktur.

Karena Sistem Informasi atau yang lebih dikenal dengan IT sangat dibutuhkan dalam dunia teknologi yang saat ini terus berkembang.

 

Dengan konsumen yang semakin “melek” teknologi, setiap perusahaan tentunya harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi terkini.

Setiap teknologi tentunya membutuhkan seorang IT untuk dapat menjalankan dan menyesuaikan setiap teknologi sehingga sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan.

 

Jabatan yang umumnya dijabat oleh lulusan Teknik Industri antara lain Supervisor IT, Kepala IT, staff / supervisor di instalasi sistem informasi, bahkan banyak lulusan teknik industri yang berwirausaha di bidang software house atau Konsultan IT. Perusahaan teknologi yang membutuhkan lulusan Teknik Industri misalnya SAP Indonesia, Oracle Telkomsel, Pertamina, P&G, dan masih banyak lagi lainnya.

Apa Itu Teknik Industri? Berapa Gaji Lulusan Teknik Industri?

9. Divisi Purchasing dan Marketing 

Sebenarnya masih banyak divisi lain yang membutuhkan mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri. Pasalnya, mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri diyakini memiliki berbagai ilmu yang dibutuhkan oleh perusahaan, tidak hanya ilmu di bidang manufaktur, tetapi juga ilmu di bidang keuangan, manajemen, dan bidang lainnya.

 

Hal inilah yang menjadikan setiap mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri memiliki nilai lebih dimana perusahaan tidak hanya dapat menempati 1 jenis jabatan tetapi juga dapat menempati berbagai posisi dalam suatu perusahaan.

 

Contoh divisi lain selain divisi yang disebutkan di atas yang membutuhkan mahasiswa pascasarjana jurusan teknik industri adalah Divisi Sales & Marketing, Divisi Purchasing, Divisi Customer Relationship, Divisi Analis & Riset, Divisi Logistik, dan masih banyak lagi divisi lain yang membutuhkan lulusan. siswa. jurusan teknik industri.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *