Cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik Industri UGM dimulai dengan terbentuknya STT Bandoeng pada tahun 1946. Berganti nama menjadi STT Jogjakarta karena letaknya yang juga berpindah dari Bandung ke Jogja. Saat itu UGM sudah berdiri, namun belum melebur menjadi satu. STT ini baru saja bergabung dengan bergabungnya PTKKG (Perguruan Tinggi Kedokteran dan Kedokteran Gigi).

 

Teknik Industri UGM

Seiring berjalannya waktu, STT sendiri mengalami kekurangan tenaga pengajar dan mendapat bantuan dari UCLA (University of California Los Angeles). Saat ini Fakultas Teknik Industri UGM telah menghasilkan tenaga ahli di bidangnya yang tersebar tidak hanya di sektor pemerintah, tetapi juga di sektor swasta. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.



 

Pengertian Teknik Industri

“Teknik industri berkaitan dengan desain, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi dari manusia, material, informasi, peralatan, dan energi. Teknik ini mengacu pada pengetahuan dan keterampilan khusus dalam ilmu matematika, fisika, dan sosial bersama dengan prinsip dan metode rekayasa. analisis dan desain, untuk menentukan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari sistem tersebut.” (Institute of Industrial and Systems Engineers)

 

Tujuan Pembelajaran Teknik Industri

Lulusan Teknik Industri Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mampu:

  1. Menerapkan ilmu Teknik Industri untuk mengidentifikasi kebutuhan sekaligus merancang, meningkatkan, dan menerapkan sistem sosio-teknis yang kompleks dan terintegrasi secara kreatif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (kepercayaan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial).
  2. Bekerja secara bertanggung jawab sebagai individu atau tim dan berkomunikasi secara efektif.
  3. Menjadi pembelajar mandiri yang mempraktekkan pembelajaran sepanjang hayat.

 

Keunggulan Teknik Industri UGM

Lulusan program studi Teknik Industri UGM memiliki kompetensi di bidang teknik dan manajemen industri, mampu merancang, memasang, menjalankan, dan mengembangkan sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Jurusan Di UNY dan Akreditasinya Berdasarkan Surat BAN PT

Akreditasi Teknik Industri UGM

Teknik Industri UGM telah terakreditasi dengan predikat Sangat Baik (A) dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Akreditasi tersebut berdasarkan SK nomor 3217/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/V/2020.

 

Selain itu, program studi teknik industri ini telah mendapatkan akreditasi dari IABEE (Badan Akreditasi Indonesia untuk Pendidikan Teknik).

 

Selain itu, program studi ini juga telah terakreditasi secara internasional oleh lembaga akreditasi The Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dari Amerika Serikat.

 

Prospek Karir Teknik Industri UGM

Lulusan program studi Teknik Industri UGM bekerja di instansi pemerintah (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan) serta industri multinasional di bidang teknik kimia dan mesin.

 

Apa yang dipelajari di Teknik Industri UGM?

Ini berisi pembelajaran tentang segala sesuatu di industri, kaya akan hal-hal sosio-teknis, jadi bagaimana kita mempelajari hubungan antara manusia dan mesin di industri, seperti interaksi manusia-mesin, energi, bagaimana kita mengelola industri, tetapi esensinya teknik industri adalah bagaimana membuat sistem yang efisien.

 

Konsetrasi Jurusan Teknik Industri UGM

  1. Ergonomika Industri
  2. Ergonomika Kognitif dan Psikologi Industri
  3. Pengendalian Kualitas/ Quality Control
  4. Perancangan dan Pengembangan Produk
  5. Perencanaan dan Pengendalian Produksi

 

Berapa SKS S1 Teknik Industri UGM?

Berdasarkan definisi standar Teknik Industri (IIE), Kurikulum 2016 dibangun dengan paradigma Kurikulum Berbasis Hasil sesuai dengan KKNI dan ABET. Dalam Kurikulum 2016, pengelolaan kurikulum diatur sebagai berikut: Jumlah SKS: 144-146 SKS. Jumlah semester: 8 semester.

 

Jurusan Teknik Industri UGM Seperti Apa?

Ini berisi pembelajaran tentang segala sesuatu di industri, kaya akan hal-hal sosio-teknis, jadi bagaimana kita mempelajari hubungan antara manusia dan mesin di industri, kaya akan interaksi manusia-mesin, energi, bagaimana kita mengelola industri, tetapi esensi teknik industri adalah bagaimana membuat sistem yang efisien dan efektif.

 

Mitosnya teknik adalah yang paling tidak teknis, tetapi itu juga benar, karena kita berurusan dengan mata kuliah IPS, seperti ada kursus psikologi, dan di sisi ekonomi, ada banyak, seperti setiap semester ada orang yang belajar ekonomi.

 

Alasan Masuk Jurusan Teknik Industri UGM?

Pertama saya dari IPA, saya ingin masuk IPS, tetapi saya malas untuk melakukannya lagi jadi saya mencari sesuatu yang sedikit berpotongan, kemudian ayah saya teknik jadi saya insinyur, saya melihat teknik industri itu sangat panjang dan memiliki peluang yang luas di masa depan, maka saya memilih teknik industri.



 

Apa mata kuliah dari jurusan Teknik Industri UGM?

Pertama ada desain produk, di semester gasal pasti ada tugas besar, di semester 3 ada desain produk dimana kita desain, tema kelas saya membuat alat untuk menghindari Covid, kita buat kelompok kemudian kita diperlihatkan produk apa untuk membuat. Kemudian di semester 5 akan ada evaluasi sistem pasar, seperti antrian, bagaimana mengatasinya. Semester 7 kami membuat sistem yang nyata.

 

Lalu yang unik itu namanya ergonomi, jadi psikologi kita banyak, misalnya apa yang harus dilakukan dengan tanda merah, setelah itu bagaimana kita mengukur posisi duduk yang baik, lalu jika kita ingin mengangkat beban, angkat galon. , ada kalkulasi jadi ada baiknya Begitulah, apakah ada satu lagi riset operasi, dimana kita menentukan optimasi suatu sistem. Tugas besarnya adalah mengadakan pameran dan kelas yang dilombakan dibagi menjadi beberapa kelompok.

 

Konsentrasi Keahlian Teknik Industri UGM?

Ada 4, yaitu proses dan sistem manufaktur, teknik produksi, riset operasional, dan ergonomi. Jadi proses dan sistem manufaktur lebih seperti lini masa manufaktur atau industri. Kalau teknik produksinya juga bagaimana kita membuat produksi yang baik.

 

Nah, kalau riset operasi misalnya, kita hitung di lampu merah berapa kali orang lewat, berapa probabilitasnya, lalu hitung antrian di bank, bagaimana mengoptimalkan antrian agar lebih cepat, menambah antrean atau semacamnya .

 

Ergonomi mungkin adalah hal paling terkenal yang diproduksi Tesla secara otomatis. Nah pasti dari sisi ergonomis diperhitungkan. Konsentrasi ini dapat diambil antara tahun ke-3 atau ke-4. Saya masih bingung rencananya, karena di semester pertama saya masih belajar fisika dan kimia, sekarang sudah menjelang, tetapi tidak ada produksi, karena sulit.

 

Jalur Masuk Yang Ada di Teknik Industri UGM?

SNMPTN seperti jalur undangan biasa, yang menarik di UGM PBUB bisa menggunakan jalur kemitraan, misalnya ada bapak atau ibu yang bekerja di perusahaan bisa menggunakan jalur kemitraan dengan bibit unggul, misalnya ikut serta olimpiade atau apa atlit, SBMPTN dan ujian mandiri. Hanya bisa diakses di website UGM, atau sering live di IG menjelang pendaftaran.

 

Jika PBUB kemitraan memiliki biaya masuk, biasanya menggunakan nilai UTBK, tetapi pengumuman dilakukan sebelum SBMPTN.

Universitas Negeri Di Yogyakarta Yang Murah dan Dekat Kost

Dulu saya lewat jalur SBMPTN, SMA saya swasta di Jogja tapi susah banget masuk ke UGM, kelas saya saja yang diterima, jadi saya berusaha semaksimal mungkin untuk masuk UGM, tapi saya tidak begitu ambisius, aku hanya seambisius kelas 12 lho, waktu aku kelas 10 dan 11, aku masih menikmati sekolah menengah, tidak menyesal, aku dikejar-kejar di kelas 12, aku banyak berkorban untuk bermain game dan sebagainya, tapi jangan lupa berdoa dan restu orang tua.

 

SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan seleksi penerimaan siswa yang menggunakan undangan raport dan prestasi akademik selama di sekolah.

 

SBMPTN – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).



 

UM UGM – Ujian Mandiri UGM merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus UGM.

 

Jalur Prestasi – Jalur ini dibagi lagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu PBUK, PBUTM, dan PBUB. Setiap jalur memiliki syarat dan kriteria yang berbeda.

 

Biaya Kuliah Teknik Industri UGM

Mau tahu berapa sebenarnya biaya kuliah yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi di program studi Teknik Industri UGM?

 

Perlu Anda ketahui, bahwa biaya kuliah S-1 Teknik Industri UGM akan dikenakan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibayarkan setiap satu semester.

Biaya UKT adalah:

  1. UKT 0: Bidikmisi (Rp0)
  2. UKT 1: Rp 500.000
  3. UKT 2: Rp 1.000.000
  4. UKT 3: Rp 4.000.000
  5. UKT 4: Rp 6.500.000
  6. UKT 5: Rp 8.850.000
  7. UKT 6: Rp10.900.000
  8. UKT 7: Rp 11.700.000

 

UKT dibagi menjadi 8 kelompok, mulai dari yang paling murah Rp 500.000/semester, hingga yang paling mahal Rp 11,7 juta/semester.

 

Tips Buat Mahasiswa Baru Teknik Industri UGM

Semangat jangan mengeluh! Manfaatkan apa yang ada di teknik industri, bukan hanya akademis. Ada begitu banyak untuk dijelajahi. Mau asosiasi, mau UKM, mau BEM, lakukan saja semuanya. Pokoknya jangan menyerah di awal karena masih banyak yang tertinggal.

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Industri UGM?

Bisa bekerja dimana saja. Bisa dibilang, ada komedian, vokalisnya Brian Teknik UGM. Ada yang berprofesi sebagai produser di dunia musik, Tokopedia, kebanyakan start up, BUMN bisa.



 

Apa Rencana Dan Harapan Kamu Setelah Lulus?

Saya ingin mencoba bekerja 1 sampai 2 tahun di sebuah start-up atau event organizer. Kemudian saya ingin melanjutkan S2 dan bila sudah cukup saya ingin memiliki usaha sendiri.

 

Penutup

Nah, itulah informasi singkat tentang S-1 Teknik Industri UGM yang wajib Anda ketahui. Apakah Anda ingin melanjutkan studi di program studi ini? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya.

 

Sumber: campus.quipper.com, intipkuliah.com, psti.ft.ugm.ac.id, ugm.ac.id, kampusaja.com dan dtmi.ft.ugm.ac.id