Bagaimana Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik? Jika Anda ingin memulai bisnis dengan cara berjualan, tentunya memilih produk atau barang dari pabrik secara langsung adalah cara yang paling efektif. Karena dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga Anda bisa menetapkan harga yang layak bagi konsumen dan tetap mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

 

Memulai bisnis memang tidak mudah, apalagi bagi seorang pemula tentu akan sulit mengingat modal yang terbatas. Jadi, cara yang bisa dilakukan tentunya dengan grosir. Adapun yang dimaksud dengan grosir itu sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh penjual untuk membeli produk dari produsen dalam jumlah tertentu. Yang dimaksud grosir adalah distributor, supplier, dan produsen dari pabrik langsung.



 

Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik

Sebenarnya mencari untung yang cukup banyak adalah hak bagi para pedagang dan pelaku bisnis, asalkan tidak merugikan pembeli. Saya melakukannya dengan cara mencari langsung dengan tujuan mendapatkan produk yang murah agar bisa dijual kembali. Hal ini dapat dijadikan sebagai strategi untuk mengurangi modal agar biaya yang harus dikeluarkan sedikit. Lalu, bagaimana Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik?

 

Panduan Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik

Sebenarnya ada beberapa pilihan pemesanan barang langsung dari pabrik yang bisa dilakukan untuk mengurangi modal usaha. Jika Anda belum pernah memesan barang langsung dari pabriknya, berikut beberapa panduannya.

 

1. Mendatangi Sentra Industri atau Bazar

Cara pemesanan barang langsung dari pabrik pertama adalah dengan datang langsung ke pusat industri atau bazar. Anda bisa mendapatkan barang langsung dari produsennya dengan harga yang lebih terjangkau dengan cara ini.

 

Berkunjung langsung ke supplier ke tempat penjualan bisa membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan yaitu bisa melihat semua proses produksinya. Selain itu, Anda juga dapat melihat barang atau produk secara langsung dan dapat memilih kualitas barang sesuai dengan yang ingin Anda jual kembali. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan produsen untuk mengurangi risiko kerugian.

 

Distributor Minuman Ringan Di Tangerang Dijamin Amanah

2. Mendatangi UMKM

Cara kedua adalah dengan mengunjungi UKM secara langsung. Untuk UMKM tidak harus ke pabrik besar, tapi harus ke UMKM di daerah Anda. Jika dicermati, sebagian besar UMKM biasanya langsung dan bertindak langsung sebagai produsen. Anda dapat memesan barang atau produk dari UMKM sesuai dengan jumlah pesanan.

 

Meski begitu harus benar-benar selektif dalam memilih UMKM, silahkan pilih UMKM profesional yang memiliki izin resmi, seperti P-IRT khusus makanan dan lama beroperasinya. Tujuannya adalah untuk terus menjamin kelangsungan usaha atau produk yang dihasilkan.



 

Hal ini tentu menjadi hal yang buruk jika permintaan produk tinggi tetapi UMKM tiba-tiba harus gulung tikar. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap selektif dalam memilih UMKM.

 

Alasan memilih UMKM sendiri karena proses survey dan perbandingan harga lebih mudah jika dibandingkan dengan pabrik skala besar yang harus mengurus sistem perijinan terlebih dahulu.

 

3. Bergabung Bersama Komunitas

Anda juga bisa mendapatkan produk dari distributor dengan bergabung dalam komunitas pengusaha atau pedagang. Selain itu, Anda dapat meminta informasi tentang distributor dari penjual lain. Distributor juga terkadang masuk ke komunitas.

 

4. Mencarinya di Majalah Bisnis

Cara lain adalah dengan berlangganan atau melihat majalah bisnis. Karena di majalah bisnis mungkin ada iklan untuk produk yang Anda cari. Kemudian anda bisa menghubungi kontak iklan yang ada di iklan yang ada.

 

Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik via Online

Seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini, Anda juga dapat memanfaatkan cara pemesanan barang langsung dari pabrik secara online, dengan panduan di bawah ini:



 

1. Bergabung Dengan Forum Bisnis

Cara pemesanan barang langsung dari pabrik selanjutnya adalah dengan bergabung dalam komunitas atau forum bisnis. Karena jaringan dan teknologi internet yang semakin luas, masyarakat dapat memaksimalkannya untuk mendukung berbagai aktivitas bisnis khususnya. Anda yang ingin mendapatkan produk dari konsumen langsung juga bisa memanfaatkan forum komunitas atau bisnis.

 

Komunitas bisnis yang bisa digunakan antara lain Bersocial.com, KasKus, hingga komunitas bisnis di media sosial. Grup sosial seperti FB juga memungkinkan Anda untuk bertemu langsung dengan produsen atau pemasok yang barangnya sedang Anda belanjakan. Anda juga bisa berbagi di komunitas bisnis, sehingga bisa dikatakan sekarang semuanya menjadi lebih mudah berkat jaringan internet yang tersedia.

 

2. Website atau Toko Online

Anda juga bisa langsung mengunjungi situs atau toko online produsen produk yang Anda inginkan. Hal ini dapat dilakukan jika Anda belum menemukan toko online atau website yang menjual produk yang Anda cari.

 

Franchise Teh Poci Kediri dengan Modal 5 Juta Bisa Untung

Jika Anda tidak memiliki gambaran tentang pemasok atau produsen yang ingin Anda jadikan grosir, Anda dapat mencari informasi di media sosial. Anda dapat memasukkan berbagai kata kunci atau kata kunci melalui fitur pencarian.

 

3. Melalui Marketplace

Cara pemesanan barang langsung dari pabrik secara online selanjutnya adalah melalui marketplace. Saat ini sudah banyak marketplace di Indonesia sebagai pedagang grosir. Beberapa contoh marketplace sebagai grosir adalah Lazada, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan lain-lain.

 

Anda bisa mendapatkan produk dengan harga yang terjangkau karena sudah banyak yang menggunakan marketplace sebagai tempat berjualan. Silahkan bandingkan harganya jika ingin mendapatkan harga yang terjangkau dan jangan lupa untuk menghitung ongkos kirimnya. Melalui harga beli produk yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar berdasarkan selisih harga lonceng dan harga.



 

4. Situs Pembanding Harga

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah melalui situs perbandingan harga. Melalui situs web ini, Anda dapat menemukan toko dan produsen online termurah. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan jika belum menemukan toko yang murah.

 

Anda dapat mengakses website seperti PriceArea.com, Telunjuk.com, PriceBook.co.id, dan Priceza.co.id. Umumnya harga yang akan dibandingkan adalah produk resmi dari e-commerce di Indonesia.

 

Tips Mendapatkan Barang Langsung Dari Pabrik

Di bawah ini beberapa tips agar Anda mendapatkan Mendapatkan Barang Langsung Dari Pabrik yang tepat, antara lain:

 

1. Cek Kontak dan Alamat Distributor

Jika distributor memiliki situs web sendiri, Anda dapat memeriksa ulang apakah mereka memiliki kontak dan alamat yang jelas. Selain itu, Anda juga bisa melihat website mereka, apakah meyakinkan atau tidak.



 

2. Cek Rating dan Feedback Distributor

Jika Anda mencarinya melalui pasar, periksa umpan balik dan peringkat toko online distributor. Tentu saja, distributor yang terpercaya harus memiliki feedback atau testimoni positif dari pelanggannya.

 

3. Harus Teliti

Terkadang yang diabaikan banyak orang adalah akurasi. Selain itu, pastikan untuk membaca deskripsi produk yang dijual distributor sebelum Anda memesan. Biasanya, beberapa distributor memberikan harga yang terjangkau dengan mempertimbangkan kondisi tertentu untuk produk yang mereka jual. Oleh karena itu, pastikan Anda harus berhati-hati.

 

Penutup

Itulah 4 langkah Cara Order Barang Langsung Dari Pabrik yang bisa Anda coba untuk menekan harga jual ke pembeli atau konsumen. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber: wigatos.com