Apa aja sih yang Dipelajari Di Teknik Industri bisa dibilang jadi salah satu jurusan yang diminati dalam fakultas teknik atau engineering, tapi apa sebenarnya yang dipelajari di Teknik Industri, apa saja mata kuliahnya?

Menurut Institute of Industrial and System Engineers (IISE), teknik industri adalah ilmu tentang rancang desain, perbaikan, serta pembuatan sistem yang mengoptimalisasi kegiatan manusia. Jurusan Teknik Industri juga termasuk diminati oleh para mahasiswa baru, dan banyak juga yang ingin tahu seperti apa mata kuliah di jurusan Teknik Industri.

Apa aja sih yang Dipelajari Di Teknik Industri?

Secara harfiah, Teknik Industri merupakan ilmu interdisipliner yang mempelajari seluk-beluk mengenai proses industri. Tidak hanya dari sisi tekniknya sendiri, ilmu tersebut juga akan membawamu ke dalam sisi manajemen.


Menggeluti kuliah di Teknik Industri dapat menjadi salah satu jalan dalam meraih kesuksesan di masa depan. Namun tahukah kamu apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan tersebut? Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains, teknologi dan desain, yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Univeritas Teknologi Yogyakarta (UTY). Teknik Industri juga menjadi salah satu jurusan favorit di UTY.

UTY merangkum jajaran mata kuliah apa saja yang akan muncul ketika kamu masuk ke jurusan Teknik Industri. Simak ulasannya berikut:

Curhatan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta

Mata kuliah Teknik Industri semester awal

Pada semester awal berkuliah di Teknik Industri, kamu akan menghadapi beragam mata kuliah. Mata kuliah di bagian awal tersebut merupakan jalan pembukamu sebelum mulai bergelut dengan materi yang lebih menarik lagi di semester mendatang.

Salah satu mata kuliah yang akan dipelajari di fase awal berkuliah di Teknik Industri adalah Matematika. Mata kuliah ini sangatlah penting dalam berbagai aspek kehidupan, terutama untuk anak teknik yang mengutamakan perhitungan dengan detail. Matematika yang akan dipelajari di sini masih bersifat dasar, seperti statistik untuk keperluan analisis kebutuhan pabrik industri.



 

Teknik Industri ini mewajibkan para mahasiswanya untuk memahami berbagai aspek industri setelah lulus nanti. Oleh karena itu, mahasiswa akan diperkenalkan mengenai dasaran dari berbagai bidang keilmuan yang menjadi basis pembelajaran di dalamnya.

Selain Matematika, mahasiswa juga akan diberikan materi mengenai Fisika, Kimia, hingga Dasar Teknologi Informasi dan Pemrograman yang umumnya ditemui para penggiat Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Pemahaman dasar inilah yang dapat membentuk pemikiran mahasiswa Teknik Industri sebelum terjun ke materi tingkat selanjutnya.

Mata Kuliah Teknik Industri Semester Akhir

Setelah melalui ragam mata kuliah dasar pada beberapa semester awal, mahasiswa Teknik Industri akan disuguhkan berbagai pembelajaran yang lebih lanjut. Seperti yang telah dibahas, Teknik Industri akan membuatmu mempelajari ragam materi mengenai dua sisi, yakni teknik dan manajemen dalam industri itu sendiri.



 

Dalam ilmu teknik, umumnya kamu akan disuguhkan dengan mata kuliah seperti Elektronika Industri. Mata kuliah ini akan membawamu untuk menjajal dan memahami berbagai macam piranti elektronik dalam industri secara langsung. Tak hanya itu, ada pula beberapa mata kuliah lain, seperti Sistem Basis Data hingga Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Mata kuliah ini membawamu menyelami berbagai teknologi informasi yang umum diterapkan dalam berbagai jenis industri.

Mahasiswa Teknik Industri juga perlu mempelajari manajemen supaya dapat memahami proses industri secara utuh. Untuk menunjang hal ini, ada beberapa mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa bila memutuskan untuk masuk ke dalam Teknik Industri. Salah satunya yang akan dipelajari mengenai sisi manajemen industri tersebut adalah Analisis Biaya.




 

Berikut ini yang Dipelajari di Teknik Industri

Intinya mahasiswa Teknik Industri diajari cara untuk membuat sistem yang efektif dan efisien. Mata Kuliah yang dipelajari sangat beragam (biasanya kulit luarnya saja):

  1. Matematika (Kalkulus, Aljabar, Statistik), Fisika, dan Kimia
  2. Teknikal (Gambar Teknik, Perancangan Produk (termasuk Ergonomi), sampai Proses Produksi dan Perancangan Pabrik)
  3. Ekonomi Teknik
  4. Manajemen dan Organisasi
  5. Keselamatan Kerja dan Lingkungan
  6. Psikologi!
  7. Sistem Informasi (sepertinya cuma sampai C++)

Tips Kuliah Teknik Industri Ini Sangat Cocok Banget Buat Kamu

Lalu lulusan Teknik Industri bisa kerja menjadi apa?

  1. PPIC, tugasnya ngitung jumlah barang yang harus distok. Banyak banget lulusan Teknik Industri yang memulai karir dari sini.
  2. R&D, bisa untuk riset produk maupun sistem seperti contoh line antrian bank di atas.
  3. Analis. Kalau posisi junior bisa analis apa saja, misal Marketing Analyst.
  4. General Manager, karena paham tiap divisi walaupun luar-luarnya saja.
  5. Konsultan. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ahli untuk meriset, menghitung, dan membuat sistem agar usahanya berjalan lancar. Bisa untuk tujuan tertentu misal agar mencapai six sigma (mendekati zero defect), pembuatan SOP, perancangan sistem tertentu misal ERP untuk supply chain atau konsultasi secara keseluruhan sebelum membuka suatu usaha.
  6. Lowongan apa pun yang tidak membutuhkan kualifikasi ilmu khusus (akunting, arsitek, farmasi, dll)



 

Lulusan Teknik Industri Berada Di Level Top Management 

Dari semua disiplin ilmu teknik, hanya jurusan teknik industri yang lebih dalam mempelajari ilmu manajemen serta seluruh disiplin ilmu teknik lainnya walaupun tidak terlalu mendalam. jadi jangan heran kalau kebanyakan orang mengatakan bahwa teknik industri itu merupakan ilmu teknik banci ataupun campur-campur.

 

Mungkin diawal semester perkuliahan, kita akan bingung dengan semua matakuliah yang dipelajari. namun seiring berjalannya waktu, kita akan paham bahwa gabungan seluruh disiplin ilmu teknik serta ilmu manajemen tersebut akan membantu kita dalam meng-handle suatu sistem di perusahaan.




 

Karena memang lulusan teknik industri biasanya berada di level Top Management yang mengaharuskan mereka untuk bisa mengatur semua sistem yang ada di perusahaan tersebut sehingga tercipta lah sebuah sistem yang optimal dengan terus mengandalkan pola pikir yang ditanamkan di teknik industri yaitu Efektif dan Efisien.

 

Penutup

Itulah tadi beberapa informasi tentang mata kuliah Yang Dipelajari di Teknik Industri. Khususnya untuk kamu yang tertarik mengambil kuliah pada jurusan Teknik Industri, kamu bisa mendaftarkan diri dan bergabung menjadi keluarga besar UTY.