Pernah dengar jurusan Teknik Industri gak? Jawabannya ada di Tips Kuliah Teknik Industri! Kalau dibandingkan sama jurusan-jurusan teknik lainnya, biasanya teknik industri cukup jadi primadona. Mata kuliah teknik industri juga biasanya lebih membahas lebih dalam mengenai manajemen dan sosial dibandingkan dengan tentang hal-hal yang teknis. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya, jurusan teknik industri juga melibatkan lebih banyak studi manajemen.

 

Mata Kuliah Teknik Industri

Mata kuliah teknik industri ini cocok banget buat kamu yang suka dengan bidang studi teknik sekaligus penasaran dengan program studi manajemen. Namun, sebagaimana jurusan teknik yang lainnya, salah satu kompetensi dasar untuk menguasai jurusan teknik industri ini adalah kamu harus punya kemampuan yang oke di bidang fisika, meskipun fokus dari jurusan teknik industri ini adalah tentang perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang bisa terintegrasi.




 

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai mata kuliah teknik industri, sebenarnya apa sih teknik industri itu? Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Meskipun para mahasiswa jurusan teknik industri juga harus mempelajari ilmu studi lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik.

 

Fokus Kuliah Teknik Industri

Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Lowongan Kerja Teknik Industri Surabaya Minim Pengalaman

Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik. Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Ruang Lingkupnya Teknik Industri

Ada berbagai alasan loh kenapa kamu harus memilih teknik industri. Apa aja sih ruang lingkupnya teknik industri? Yang pertama adalah sistem manufaktur bidang studi ini menggunakan pendekatan teknik industri dalam rangka meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah produksi industri.




 

Adapun faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah integrasi antara manusia, mesin, material, energi, dan informasi yang dilakukan melalui proses perencanaan, perancangan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan terus menjaga harmonisasi antara manusia dengan lingkungan kerjanya.

 

Lebih spesifik, beberapa bidang keilmuan yang menjadi pokok bahasan dalam sistem manufaktur antara lain sistem Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, dan Ergonomi.

 

Tips Kuliah Teknik Industri

popularitasnya bisa kamu lirik nih! Teknik industri sendiri dikenal sebagai bidang keilmuan yang mempelajari teknik perancangan semua faktor-faktor pada lingkup industri. Tertarik ingin tahu mengenai teknik industri lebih lanjut? Yuk, cek di sini!




 

Ospeknya terkenal berat

Sebagai permulaan, ospek syarat masuk jurusan teknik industri memang terkenal berat. Bukan tanpa sebab, ospek yang berat ini ditujukan untuk menempa mental mahasiswa baru agar proses transisi dari anak SMA sampai menjadi mahasiswa jurusan teknik dapat dilewati dengan baik oleh para calon mahasiswa teknik.

Lowongan Kerja Teknik Industri Fresh Graduate Butuh Cepat

Fisika, kalkulus, dan kimia

Yup! Ketiga ilmu ini memang menjadi dasar dari jurusan teknik industri. Jadi, nggak heran kalau kamu akan berkutat dengan ketiga ilmu ini dari awal masuk hingga lulus. Oleh karena itu, pastikan kamu memang suka dan tertarik dengan ketiga ilmu ini ya, supaya proses studimu pun jadi lebih mulus.



 

Riset jadi ‘makanan’ sehari-hari

Untuk semester awal, kamu akan dihadapkan dengan praktikum dan riset seputar kimia dasar, seperti melakukan penetralan dan fisika dengan praktik mengukur gravitasi. Hmmm menantang, ya?

 

Membuat majalah

Ternyata, gak hanya jurusan komunikasi saja yang tugasnya disuruh bikin majalah. Karena, di jurusan teknik industri pun kamu juga akan menemukan tugas serupa. Tapi tentu saja materi yang diulas pun berbeda, karena majalah teknik industri berkisar pada artikel seputar teknologi industri dan praktikum di setiap minggunya.



 

Ssst, prospek kerjanya luas lho

Meski studinya terkesan berat dan sulit, namun setelah melewatinya kamu akan diganjar dengan kemudahan karier dengan benefit yang tinggi. Menurut riset, karier dengan penghasilan tertinggi di Indonesia masih berkisar pada bidang yang berhubungan dengan terapan ilmu matematika, kimia, serta teknik. Cocok kan dengan jurusan teknik industri?

 

Nah, dengan Tips Kuliah Teknik Industri ini, kamu gak perlu takut lagi kan ambil jurusan teknik yang terkenal keras itu?