Software Teknik Industri khususnya di Universitas Teknologi Yogyakarta untuk mengerjakan tugas-tugas mata kuliah kita nih. Baca sampe akhir ya, karena kita ada tips loh buat kalian yang masih bingung mau beli laptop dengan spesfifikasi seperti apa.

 

Software Teknik Industri

Sebelumnya aku mau spoiler sedikit tentang software-software teknik industri dan matakuliah dari semester tiga keatas nih, antara lainnya, kalian bakal belajar gambar, ets, tapi bukan di kertas ya; terus kalian juga bakal belajar coding, aduh aku nyerah banget deh kalo coding.

 

Gimana? Udah ketebak belum jenis Software Teknik Industri yang bakal dipake apa aja? Okedeh, kita sebutin ya!




 

Software Simulasi Arena

Jurusan Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan Pelatihan Software Simulasi Arena dan Vensim sebagai Software Simulasi Teknik Industri di Laboratorium Komputasi B dan C ICT Center Universitas Teknologi Yogyakarta.

Apa Saja Aktivitas Dalam Sistem Produksi untuk Mencapai Tujuan?

Pelatihan ini dihadiri oleh Adi Chandra Farouq D., ST yang seorang Aircraft Maintenance Planning Engineer PT. GMF AeroAsia Garuda Indonesia Group an R. Hadi Wahyuono, ST yaitu Anggota Tim Kerja Reformasi Birokrasi Internal Kemdiknas sebagai pembicaranya. Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.15 – 15.15 yang dibagi menjadi 2 sesi.

 

Sesi pertama pukul 08.15 – 11.15 di Laboratorium Komputasi B untuk pelatihan Software Simulasi Arena dan Laboratorium Komputasi C untuk pelatihan software Vensim. Sedangkan, sesi kedua pukul 12.15 – 15.15 di Laboratorium Komputasi B untuk pelatihan software Vensim dan Laboratorium Komputasi C untuk pelatihan Software Simulasi Arena.

 

Pelatihan yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Industri sebagai pesertanya berjalan dengan lancar karena peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti proses pelatihan.




 

Pelatihan ini diharapkan memberikan ilmu dan wawasan baru untuk pesertanya. Dan menjadikan peserta untuk berpikir sistematik yaitu “cara pandang untuk mengapresiasi dan memikirkan suatu kejadian sebagai sebuah sistem (system aproach” (Adi C.F.D, ST.).

 

AutoCAD

Nah, AutoCAD ini dipakai buat mata kuliahgambar teknik, udahjelas banget kan kegunaanya buat apa? Yup untuk membuat gambar 3D atau 2D, contohnya kaya buat motor, desain rumah atau bangunan

 

AutoCAD adalah software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design yang berarti “design dengan bantuan komputer”. Secara keseluruhan software ini digunakan untuk menggambar Mechanical drawing, Civil Drawing, Isometric Drawing, dan gambar teknik lainnya.

 

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, akan lebih mudah menghasilkan objek yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, serta hasil gambar Autocad memiliki kualitas yang tinggi dan dapat dibuat menyerupai bentuk aslinya. Bahkan  juga dapat menyesuaikan ukuran hasil desain.




 

Keunggulan Menggunakan Autocad

  1. Proses design atau gambar relatif singkat
  2. Presisi dan akurasi tinggi
  3. Mudah untuk editing
  4. Lingkup kerja luas tak terbatas
  5. Fleksibilitas dan Kepraktisan

 

Kekurangan AutoCAD

Harga Yang Mahal

Aplikasi atau software ini cukup mahal untuk digunakan. Karena memiliki lisensi atau Biaya berlangganan pertahun. Namun ada juga versi Autocad yang gratis.

 

Kebutuhan Hardware Yang Tinggi

Menggunakan AutoCAD ini membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer yang besar.

 

SolidWorks

Secara umum, Solid Works punya fungsi yang sama dengan AutoCAD, kegunaanya pun juga sama –sama digunakan untuk membuat gambar 3D atau 2D, tetapi biasanya, kiita menggunakan Solid Works untuk mengerjakan part-part suatu mesin




 

Adapun kelebihan dari solidworks

Seperti halnya autodesk inventor Solidworks mempunyai kemampuan parametric modeling yang memanjakan para drafter nih, yaitu kemampuan untuk melakukan design serta pengeditan dalam bentuk solid model dengan data yang telah tersimpan dalam data base. dengan kemampuan ini memungkinkan sekali para drafter memodivikasi design tanpa harus mengulang design.

 

Assembly pada solidworks mempunyai fiture animation (montion study) yang memungkinkan para drafter membuat simulasi explode part, collapse part dan analysis nih para blogger.

Dilengkap dengan kemampuan rendering image yang cukup mumpuni sehingga dapat menghasilkan model yang lebih halus dan kabarnya solidworks adalah penyempurnaan dari software CATIA, jadi bisa dikatakan software ini sangat bagus dalam permodelannya

 

Adapun kekurangan dari solidworks

Nah, buat kalian yang nanya, spek komputer seperti apa yang bagus buat anak teknik, ini beberapa kriteria yang bisa jadi patokan kalian untuk memilih spek laptop kalian ya.

 

Cukup membutuhkan spek komputer yang besar sekitar 6GB

Membutuhkan graphic card minimum sekelas spek gamers, akan tetapi yang di rekomendasikan adalah lebih tinggi dari sekedar gamers, sekelas NVIDIA QUadro, atau ATI Firepro

Minimum 4 gb ram dalam hal simulasi, masih disarankan kepada ANsys atau Catia yang high end, karena level dari solidworks ini cukup mid end maximum panjang lebar garis adalah 1000 m.




 

MySQL

Software ini digunakan untuk membuat sistem basis data, kita akan belajar coding dari software ini. Sistem Basis Data mempelajari bagaimana cara membuat sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan file atau tabel dan saling berhubungan dan memungkinkan beberapa user untuk mengakses dan memanipulasi file atau data.

 

Dalam praktikum mata kuliah ini, digunakan aplikasi MySQL. MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data atau databasemanagementsystem (DBMS) yangmultithread dan multiuser. MySQL sebuah implementasi darisistem manajemen basis data relasional(RDMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General PublicLicense).

 

PenggunaanMySQL lebih mudah digunakan untuk mata kuliah basis data karena tampilannya yang mudah dipahami dan penggunaannya yang tidak sulit diaplikasikan.

Sebutkan Langkah-Langkah Dalam Melakukan Perencanaan Produksi

Minitab

  1. Minitab sering digunakan pada praktikum yang berhubungan dengan statistika.
  2. Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik.
  3. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.
  4. Minitab digunakan dalam implementasi Six Sigma, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya.Minitab 19, versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol.Minitab Inc. juga membuat perangkat lunak sebagai pelengkap Minitab 16.



 

Quality Trainer; sebuah paket eLearning yang mengajarkan metode statistik dan konsep dalam konteks perbaikan kualitas yang terintegrasi dengan Minitab 16 dan Quality Companion 3, sebuah perangkat lunak untuk mengelola projek Six Sigma dan Lean Manufacturing yang memungkinkan data Minitab di kombinasikan dengan dan manajemen proyek.

 

Minitab biasanya digunakan untuk pengolahan data statistika untuk tujuan sosial dan teknik. Minitab telah diakui sebagai program statistika yang sangat kuat dengan tingkat akurasi taksiran statistik yang sangat tinggi.

 

Kelebihan Minitab

  1. Mudah dalam menginput data karena data dapat di-copy dari file Excel atau Word
  2. Analisis data tinggal mengklik menu menu yang telah disediakan Minitab



 

Kekurangan Minitab

Hasilnya kurang akurat karena hanya menampilkan tiga atau empat angka dibelakang, sehingga sangat berpengaruh apabila hasilnya sangat kecil atau mendekati

 

Tora (Toolkit for Oracle)

Dalam matakuliah riset operasi, biasanya kita memakai software TORA untuk mempermudah pekerjaan. Tora ini tidak memerlukan spesifikasi tertentu, sehingga laptop jenis apa saja dapat mengkases software ini dengan mudah. Beberapa materi dalam riset operasi yang dapatdikerjakan oleh tora iniyaitu antara lain Linear Equatiion, Linear Programming, Transportation Model, Integer Programming dan sistem antrian

 

Software Bahasa R

R merupakan software yang digunakan untuk menganalisis data statistika, sesuai pengertiannya, software ini biasa dipakai dalam mata kuliah statistika. R tidak seperti software Solidwork yang untuk menggunakannya , kita butuh beradaptasi terlebih dahulu, oleh karena itu R banyak digunakan. Dalam menggunakan R, ada bahasa tertentu yang digunakan, sama seperti software C++, disini kita akan belajar coding.

 

Jadi itu deh Software-Software Teknik Industri, semoga membantu kalian ya, nantiin terus Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta dari kita ya, see you on Campus.