Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah dengan jenis usaha yang cukup menggeliat akhir-akhir ini. Dukungan pemerintah pada usaha ini juga cukup besar. Usaha mikro dan menengah (UMKM) memiliki pengertian yang bermacam-macam.

 

Berdasarkan Kepres RI No. 19 Tahun 1998 menyatakan bahwa UMKM merupakan “Kegiatan ekonomi kerakyatan yang berskala kecil, dengan bidang yang mayorutas dalam skala kecil sehingga perlu dilindungi agar mencegah dari persaingan yang tidak sehat”. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya UMKM adalah usaha kecil yang dimiliki oleh perseorangan atau kelompok perorangan.

 

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Meskipun UMKM merupakan kelompok usaha kecil, namun jangan remehkan profit dan keuntungan dari usaha ini. Selain menyumbang devisa negara UMKM juga memberikan keuntingan yang tidak sedikit bagi pendirinya. Pelaku usaha UMKM merupakan pelaku bisnis yang paling banyak menguasai pasar. Berikut akan di jabarkan Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah yang sangat potensial untuk dikembangkan.




 

1. Usaha Kuliner 

Siapa yang tidak mengenal bisnis yang yang satu ini. Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak kan pernah mati. Mengapa demikian? Sebagaimana kita tahu bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia.

 

Tanpa makan bisa jadi manusia tidak akan bisa melanjutkan hidupnya. Sesorang mungkin akan bisa menahan hasrat untuk berbelanja sesuatu walupun sebenarnya mereka mampu. Namun, seseorang tidak akan mungkin enggan merogoh koceknya hanya untuk menahan lapar.

 

Seiring dengan peluang yang masih terbuka membuat usaha kuliner menjamur dimana-mana. Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis usaha mikro kecil dan menengah yang paling digandrungi. Berbekal kreatifitas dan inovasi usaha kuliner menjadi bisnis yang populer dan banyak dilakoni kaum muda.




 

Ciri khas dan keunikan rasa menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner. Mereka rela antre hanyak untuk sekedar menikmati satu porsi makanan yang dipesan. Sebut saja markobar, usaha besutan anak presiden RI ini begitu digandrungi oleh anak muda. Cabangnya telah tersebar di seluruh indonesia. Hal ini menunjukan bahwa UMKM mampu memberika geliat bagi perekonomian negeri.

Peluang Bisnis Produksi Pabrikan Yang Mendukung Perekonomian

2. Fashion dan Skin Care

Salah satu contoh usaha umkm yang masih menjadi primadona apalagi usaha ini bisa dilakukan secara online. Caranya mudah tinggal membuat toko online melalui website ataupun e-commerce.

 

Jenis-jenis fashion sendiri cukup banyak seperti atasan, bawahan, kerudung, dan sepatu bisa kamu jual. Karena fashion itu akan selalu berkembang sesuai zamannya. Apalagi buat kamu yang memiliki passion di bidang industri fashion, kamu bisa juga menciptakan merek fashion kamu sendiri.

 

Sekarang juga sudah banyak merek fashion lokal yang dicari oleh masyarakat bahkan mempunyai pelanggan sendiri. Selain fashion, wanita juga memiliki interest terhadap skincare dan make up dari situ kamu bisa memulai usaha kecil produk tersebut.

 

Terlebih tren sampai sekarang yaitu skincare yang terbuat dari bahan alami yang mampu membantu mengatasi permasalahan kulit. Sebenarnya, usaha ini jangan hanya kamu fokuskan untuk wanita saja.

 

Kenapa? Karena sekarang pun yang menggunakan skincare bukan hanya terbatas di wanita melainkan laki-laki juga memakainya sehingga bisa menjadikannya sebagai pasar yang potensial. Saat ini sudah banyak bermunculan usaha-usaha skincare lokal terkenal, mereka pun memulainya dari usaha kecil lebih dulu.




 

3. Usaha Bidang Fashion

Fashion merupakan usaha yang masih banyak diminati dan memberikan peluang yang sangat besar. Setiap orang sangat ingin tampil fashionable. Oleh karena itu, mereka akan rela merogoh kocek untuk bisa memiliki koleksi fashion yang mereka idamkan. Banyak jenis usaha bidang fashion yang bisa anda tekuni. Misal seperti pakaian khusus wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak dan yang sedang menjadi trend saat ini adalah pakaian muslim.

 

Pilih salah satu jenis usaha fashion yang anda minati. Karena beberapa fakta menunjukan bahwa banyak pelaku fashion usaha mikro kecil dan menengah yang bisa sukses walaupun hanya mengeluti satu jenis bidang usaha. Sebut saja toko pakaian muslim rabbani.

 

Rabbaninsukses menjadi salah satu penghasil pakaian muslim yang tekemuka. Karena brand namanya yang sudah besar harga jual produlnya pun relatud lebih mahal. Hal omo sesuai dengan bahan dan kualitas pakaian muslim rabbani yang telah diakui di pasaran.




 

4. Perlengkapan Bayi

Selanjutnya contoh bisnis kecil-kecilan dibidang perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi yang bisa kamu jual seperti baju bayi, tempat makan bayi, mainan bayi, dan lain sebagainya.

 

Sebelum kamu memulai usaha besar kamu dapat mencoba menjadi reseller produk-produk bayi ini. Caranya mudah banget, kamu bisa memulainya dengan berjualan di e-commerce dan memanfaatkan sosial media juga.

5. Usaha Dibidang Pendidikan

Usaha di bidang pendididikan merupakan salah satu jenis UMKM yang masih sangat terbuka peluangnya. Sebagaimana kita tahu saat ini bahwa pendidikan sangat menjadi prioritas. Selain belajar di sekolah, orang tua juga berusaha memenuhi kebutuhan belajar anak melalui bimbel (bimbingan belajar).




 

Dengan mengikutsertakan dalam bimbel diharapkan anak akan bisa mengasah kemampuan dibidang akademik. Jika anda memiliki minat dan kemampuan lebih di bidang akademik, tidak ada salah ny untuk membuka usaha ini.

Sebagai contoh ada beberapa pelaku UMKM yang sukses dalam bidang ini, sebut saja Primagama, Ganesha Operation, Indonesia Languange Program (ILP) dan masih banyak lagi. UMKM tersebut telah memiliki cabang diseluruh indonesia dengan kualitas yang telah teruji.

 

6. Usaha Dibidang Otomotif

Jika anda adalah penyuka otomotif dan hobi mengotak atik spare part. Membuka usaha dibidang otomotif bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentunya akan menimbulkan  suasana tersendiri  membuat usaha dari hal yang kita sukai.

 

Berawal dari hobi AHRS (Asep Hendro Racing Sport) berhasil menjadi UMKM yang sukses dan berhasil menekuni bisnis ini. Anda dapat memulai usaha ini dengan membuka toko penjualan spare part, atau membuka jasa pencucian motor dan mobil, atau perlengkapan safety riding seperti helm, jaket dan sarung tangan berstandar SNI.



 

7. Usaha Agrobisnis 

Dengan memanfaatkan sisa pekarangan sekitar rumah, anda bisa memulai jenis usaha di bidang agrobisnis. Pada dasarnya jenis usaha agrobisnis bergerak di bidang pertanian dan peternakan. Anda cukup membeli bibit tanaman atau hewan ternak kemudia dipelihara dan selanjutnya akan bisa dipanen.

 

Hasil panen dapat berupa padi, sayur, buah buahan, telur dan daging. Hasil panen tentunya dapat anda jual langsung ke pasar pasar tradisional. Pelaku usaha yang telah sukses di bidang agrobisnis adalah bob sadino. Ia berhasil membangun kerajaan bisnis kemchick hanyan berawal dari UMKM.

 

8. Usaha Dibidang Tekonologi Internet

Di era digital yang sarat informasi tentunya sangat tepat jika menjalankan bisnis yang berbasis internet. Banyak sekali orang yang membutuhkan internet. Berbagai informasi dan konten konten yang informatif dan menghibur bisa diperoleh melalui internet.

 

Didukung dengan kecangihan smartphone dan koneksi internet yang cukup stabil tentunya memulai bisnis UMKM dalam bidang ini bukan merupakan hal sulit. Bisnis berbasis internet digital atau dikenal dengan startup akhir akhir ini mulai mengeliat. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan akan informasi dan sarana entertaiment bagi peminatnya.



 

Sebagai contoh bisnis e-commerce seperti bukalapak, tokopedia, atau komik digital kipli yang mampu menjadi besar dan sukses. Bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang writing tentunya bisa membuka sebuah blog yang menawarkan konten komten yang bermanfaat bagi pembaca. Atau membuka jasa pembuatan aplikasi dan website. Setiap ada peluang tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

 

9. Jasa Foto dan Video

contoh usaha mikro kecil menengah lainnya adalah membuka jasa fotografi dan videografi. Walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang dapat menggunakan kamera tapi tentu saja mereka tetap memerlukan bantuan seorang fotografer dan videografer untuk mendokumentasikan momen tertentu

 

Karena mereka cukup diperlukan untuk acara tertentu seperti prewedding, wedding, wisuda, anniversary, dan lainnya. satu contoh usahanya kamu bisa membuat foto studio bersama dengan kolega atau berawal dari freelance perorangan sebagai fotografer.

12 Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya untuk Bantu Suami

10. Usaha Kerajinan Tangan

Geliat usaha usaha mikro kecil dan menengah dibidang kerajinan tangan tentu bisa menjadi salah satu peluang yang dimanfaatkan. Usaha yang hanya membutuhkan modal kreatifitas dan inovasi. Bahan dasarpun bosa diperoleh dengan mudah dan gratis.

 

Banyak sekali UMKM kerajinan barang bekas yang mampu bersaing dengan produk pabrikan. Bahkan beberapa pengusaha UMKM berhasil menguasai pasar hingga keluar negeri.



 

11. Usaha Elektronik dan Gadget

Era informasi digital tentinya akan diikiti dengan perkembamgan teknologi yang semakin canggih. Salah satunya dengan keberadaan perangkat canggih pendukung teknologi. Jika beberapa tahun belakangan notebook dan laptop menyerang industri pasar kita.

 

Untuk saat ini, pasar kita sedang diserbu oleh gadget dan smartphone canggih. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari harga murah,  hingga besutan apple dengan harga yang mahal namun kualitas dan kecepatan akses yang mumpuni. Tentunya, hal ini bisa menjadi salah satu UMKM yanh menjanjikan.

 

Jenis usaha mikro kecil dan menengah yang sangat potensial. Tentunya dengan memanfaatkan peluang pasar dan strategi pasar yang tepat usaha UMKM yang anda rintis dapat mencapai kesuksesan. Yang bukan hanya membantu memperbaiki perekonomian anda tapi juga menumbuhkan geliat ekonomi negeri. Semoga artikel ini dapat membantu.



 

12. Hadiah Unik

Usaha mikro contoh lainnya yang bisa kamu coba adalah membuat usaha hadiah unik. Usaha ini cocok untuk kamu yang suka berkreasi membuat sesuatu seperti DIY lukisan sepatu, akrilik bahkan scrapbook. Dengan kreativitas tersebut kamu bisa mencoba membuka usaha tersebut yang tentu saja bisnis tersebut menguntungkanmu.

 

Dalam membuat Usaha Mikro Kecil Menengah ini tidak perlu modal yang besar, karena bahan bakunya sendiri relatif tidak terlalu mahal dibandingkan dengan harga jualnya. Sehingga usaha ini cukup menjanjikan.

 

Selain bahan bakunya yang tidak terlalu mahal karena yang mahal adalah kreativitas kamu dalam membuat produk Mikro Kecil Menengah.