Usaha Keripik Singkong masih menjadi salah satu yang paling diminati hingga saat ini. Tidak hanya jenis makanan utama, tawaran jajanan juga semakin menjamur. Salah satu jajanan yang cukup digemari saat ini adalah keripik singkong. Berbagai inovasi produk terus diciptakan.

 

Salah satunya Wahyudi, dengan menawarkan keripik singkong sangrai dengan merk Baked Thun Cassava Chips. Wahyudi memulai bisnis ini di Malang. Tidak lama berselang, Wahyudi mulai menawarkan kerjasama bisnis dengan sistem keagenan.

 

Usaha Keripik Singkong

Hingga saat ini, ia memiliki 10 mitra Usaha Keripik Singkong yang berlokasi di Jabodetabek dan Kalimantan. Ada dua model agensi yang ditawarkan. Pertama, model reseller dengan modal hanya Rp 172.800. Dengan modal tersebut, mitra akan mendapatkan 24 bungkus keripik dengan berbagai rasa.

 

Keuntungan Bisnis Keripik Singkong

Kedua, model agen dengan modal minimal Rp 516.000. Mitra akan mendapatkan 72 kantong keripik singkong panggang. Selain itu, mitra juga mendapatkan perlengkapan untuk promosi.

 

Jika dalam satu bulan partner dapat mengambil 10 box chips atau setara dengan 240 pack, partner akan mendapatkan bonus 1% dari total order. Sedangkan jika mitra bisa menjual sekitar 11 dus hingga 20 boks per bulan, mitra akan mendapatkan bonus 2,5% dari total pesanan.

 

Keripik Singkong Panggang Thun menawarkan tujuh varian rasa yang beberapa di antaranya ‘tidak pedas’, manis-pedas, pedas gila, dan pedas pedas. “Varian rasa yang paling diminati konsumen adalah rasa pedas.

Distributor Pisang Sunpride Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Harga Jual Keripik Singkong

Untuk menyediakan bahan baku berkualitas baik, Wahyudi menggandeng petani singkong di sekitar wilayahnya. Keripik singkong campur bumbu balado dibandrol dengan harga Rp. 9.000-Rp. 10.000 per bungkus di pulau jawa. Di luar Jawa, harga jualnya mulai dari Rp. 13.000 menjadi Rp. 14.000 per bungkus.

 

Omzet Bisnis Keripik Singkong

Wahyudi menghitung setiap bulan mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp. 2 juta menjadi Rp. 3 juta atau setara dengan penjualan delapan boks menjadi sembilan boks.

 

Setelah dikurangi biaya operasional, bagian keuntungan yang didapat mitra sekitar 20% dari omzet setiap bulannya. Tingkat persaingan dalam bisnis makanan berbahan dasar singkong cukup cepat sehingga produsen saling bersaing harga.

 

Wahyudi mengklaim keunggulan produk tersebut adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan sejenisnya. Selain itu, chip-nya bisa bertahan hingga lima hingga enam bulan.

Untuk mempromosikan produknya, Wahyudi menggunakan media digital dan memasang iklan di salah satu media elektronik di Malang. Umumnya, mitra yang bergabung, menjual produk secara online dan menempatkannya di toko suvenir. Anda tertarik?

 

Artinya persaingan dalam bisnis keripik singkong cukup kompetitif. Jadi untuk bisa bertahan dan menang, tidak cukup hanya memiliki harga yang kompetitif.

 

Oleh karena itu Anda juga harus berinovasi, mulai dari inovasi produk, dan kemasan, hingga inovasi pola penjualan untuk meningkatkan kualitas.

 

Tips Menjalankan Usaha Keripik Singkong

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenal lebih jauh tentang singkong. Semua orang tahu singkong, dan semua singkong terlihat sama, tidak berbeda sama sekali. Namun, ada banyak jenis singkong.

 

Anda harus mengenali berbagai jenis singkong dan karakter masing-masing jenis. Konon di beberapa daerah singkong memiliki karakter rasa dan tekstur yang berbeda.

1. Produk berkualitas

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis keripik singkong adalah menyiapkan “resep andalan”. Apa jenis keripik singkong yang ingin Anda hasilkan? Keripik singkong pedas, keripik singkong rasa bawang, original, keju, coklat, barbeque, dan berbagai rasa lainnya.

 

Tentu saja, Anda harus menguji resepnya pada orang-orang di sekitar Anda. Jika banyak orang menyukai resep olahan keripik singkong Anda, maka lanjutkan ke tahap selanjutnya.

 

2. The Power of Kemasan

Pepatah “Jangan Menilai Buku Dari Sampulnya” tidak berlaku dalam dunia bisnis. Sebaliknya konsumen akan terlebih dahulu melihat tampilan atau kemasannya sebelum melihat hal lain dalam memutuskan untuk membeli suatu produk.

 

Jadi, kemasan ini memiliki nilai yang sangat penting. Dengan kemasan yang tidak menarik, konsumen tidak melirik. Kalau tidak melirik pun sudah bisa dipastikan konsumen tidak sempat mencicipinya. Jadi walaupun rasanya enak, tapi kemasannya tidak menarik, produk Anda juga akan menjadi produk yang tidak menarik.

Franchise Roti Bakar Premium Sewa Alat dan Sewa Tempat

3. Siapkan Strategi Promosi dan Pemasaran

Branding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa tersendiri. Sertakan slogan-slogan tertentu yang dapat menyampaikan pesan branding Anda kepada konsumen.

 

Membangkitkan rasa penasaran di benak calon konsumen, sehingga mereka benar-benar penasaran dan akhirnya mencoba produk usaha keripik singkong Anda. Selanjutnya, untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda, Anda dapat membuka sistem keagenan. Lakukan promosi secara offline dan online.

 

Siapkan Modal. Selanjutnya, hitung semua kebutuhan modal. Siapkan uang, mulai dari tabungan, cari pinjaman, atau cari investor. Saya sudah banyak membahas tentang modal usaha di web ini, silahkan disimak.

 

Berdiri dan persiapkan diri Anda untuk memulai Usaha Keripik Singkong dan mulailah mengambil tindakan untuk mewujudkan bisnis keripik singkong.

 

Peluang Usaha Keripik Singkong

Melihat pangsa pasar yang luas dan beragam dari Usaha Keripik Singkong, simak peluang bisnis keripik singkong berikut ini:

 

1. Prospek

Bisnis keripik bukanlah bisnis baru, namun masih merupakan bentuk bisnis yang menjanjikan dengan prospek yang cerah. Terbukti, hingga kini konsumen keripik tak pernah sepi bahkan terus meningkat. Usaha keripik singkong juga bisa menjadi usaha jangka panjang karena bahan bakunya mudah dan selalu tersedia.

 

2. Modal

Untuk memulai bisnis keripik tentunya membutuhkan modal. Namun, modal untuk memulai bisnis keripik bisa disesuaikan dengan anggaran dan skala usaha. Bahan baku keripik relatif murah, apalagi bisnis ini bisa dijalankan di rumah, jadi tidak perlu membayar sewa. Modal yang dibutuhkan adalah untuk membeli peralatan.

 

Keripik dari umbi-umbian mungkin tidak membutuhkan modal yang besar, namun berbeda dengan keripik buah. Sebagai gambaran, bisnis keripik buah membutuhkan modal sekitar 15 hingga 20 juta. Namun, harga jual keripik buah yang cukup mahal membuat keuntungan dari bisnis ini sangat menggiurkan.

 

3. Pelaku

Keripik merupakan makanan sederhana yang dibuat dengan cara yang sederhana. Karena proses pembuatannya yang sangat mudah, Usaha keripik singkong ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda tidak hanya memproduksi keripik seperti biasa. Menciptakan varian baru tentu akan menarik lebih banyak pembeli.

 

4. Konsumen

Tidak perlu khawatir produk chip Anda tidak laku. Keripik memiliki sensasi renyah dan rasa yang beragam sehingga produk ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar, asalkan bisa menjaga kualitas produk. Konsumen keripik cukup besar dan tidak ada batasan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

 

5. Bahan Baku

Keripik dibuat dari berbagai bahan baku yang bisa ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda. Keripik yang dikenal selama ini terbuat dari umbi-umbian seperti singkong dan ubi jalar, buah-buahan seperti pisang, apel, nangka, dan sebagainya, atau sayuran seperti bayam dan jamur. Bukan tidak mungkin, Anda juga bisa mencoba cara membuat keripik dari bahan lain.

 

6. Peralatan

Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah pisau, kompor dan tabung gas, penggorengan, filter, keranjang, hand sealer, wadah, dan lain-lain. Untuk meningkatkan kelancaran usaha, gunakan peralatan yang dapat mempercepat proses produksi dan menghasilkan keripik yang lebih berkualitas.

 

Untuk menghasilkan keripik dengan ketebalan yang seragam, gunakan alat pengiris. Alih-alih menggoreng, gunakan penggorengan vakum untuk menghemat minyak goreng dan menghasilkan keripik yang tidak berubah dari warna aslinya. Anda juga bisa menggunakan oil drainer untuk membuat keripik lebih renyah dan tidak mudah tengik.

 

7. Lokasi

Pilihlah tempat yang banyak dikunjungi orang, seperti pusat perbelanjaan, di tengah kota, di pinggir jalan raya, dan lain sebagainya. Alternatifnya, Anda bisa menitipkan produk keripik buah Anda di toko, supermarket, atau supermarket. Bahkan, Anda juga bisa menjualnya secara online sehingga tidak memakan tempat.

 

8. Strategi Promosi

Promosi Usaha Keripik Singkong dapat dilakukan secara offline maupun online. Anda bisa membuat brosur, membuat kemasan yang menarik dengan mencantumkan nomor kontak, menghadiri pameran, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berpromosi melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, whats app, marketplace, dan lain-lain

 

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai peluang bisnis keripik singkong yang pasarnya cukup luas, sehingga cukup menjanjikan jika anda berkecimpung dalam Usaha Keripik Singkong. Namun anda juga membutuhkan tahapan atau cara yang tepat dalam memenangkan bisnis Keripik Singkong, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

 

Sumber: peluangusaha.kontan.co.id dan wiratech.co.id