Universitas Terbuka Lampung Tengah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Bandar Lampung menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa penerima beasiswa program corporate social responsibility (CSR) di SMAN 1 Way Tenong, Kabupaten Lampung. Selain jurnalistik, mahasiswa juga mendapat pelatihan keterampilan pengolahan ubikayu.

 

Universitas Terbuka Lampung Tengah

Tampil sebagai pamateri bidang jurnalistik yakni Pemimpin Redaksi, Amiruddin Sormin, dan Analianasari dosen Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Mahasiswa berasal dari berbagai pelosok Lampung Barat penerima beasiswa dari Bank BRI dan Bank Mandiri.



 

Penerima Beasiswa Di UT

Menurut Direktur UT UPBJJ Lampung, Sri Ismulyati, penerima beasiswa di UT berasal dari berbagai program seperti bidik misi dan program CSR. “Pelatihan ini berdasarkan minat dan permintaan mahasiswa, agar memiliki keterampilan selain ilmu yang didapat dari perkuliahan,” kata Sri Ismulyati.

Kuliah Sabtu Minggu Di Universitas Brawijaya, Syarat Pendaftaran

Sebelumnya, pelatihan serupa berlangsung di Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Pada pelatihan jurnalistik, pembicara Amiruddin Sormin meminta para mahasiswa dapat memanfaatkan platform media sosial untuk kepentingan publikasi berbagai peristiwa di tengah masyarakat.

 

Mahasiswa UT Ini Tersebar Di Berbagai Pelosok

“Mahasiswa UT ini tersebar di berbagai pelosok, sehingga berpotensi menjadi agen informasi atas berbagai peristiwa dan informasi. Mereka bisa mempromosikan berbagai potensi di daerah masing-masing seperti pariwisata, perekonomian, hingga informasi pembangunan yang perlu diketahui masyarakat luas,” kata Amiruddin Sormin.



 

Dia meminta kepada para mahasiswa tidak lagi menjadikan media sosial hanya untuk sarana tebar pesona apalagi menyebarkan hoax. “Jadikan media sosial itu sebagai alat untuk mempromosikan daerah masing-masing. Banyak keunggulan daerah yang perlu diketahui masyarakat, karena sekarang pengguna media sosial makin tinggi dan luas,” kata Amiruddin Sormin yang pernah menjadi jurnalis Lampung Post selama 17 tahun itu.

 

Di sisi lain, Analianasari berharap mahasiswa memiliki keterampilan mengolah ubikayu menjadi aneka produk yang memiliki nilai tinggi. “Ubikayu merupakan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai produk seperti kripik dan klanting. Bahan bakunya melimpah dan jika diolah dengan baik, peminatnya juga tinggi,” kata Anilianasari.




 

Kuliah Sabtu Minggu Di Lampung Enak Universitas Mercu Buana

Prosedur Pendaftaran Universitas Terbuka

Registrasi langsung di UPBJJ-UT. Mahasiswa dapat datang langsung ke UPBJJ-UT dengan membawa semua berkas persyaratan yang ditetapkan di www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat.

Registrasi Online. Mahasiswa juga dapat melakukan registrasi secara online melalui Sistem Registrasi Online (SRO). Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada Petunjuk Sistem Registrasi Online yang dapat diunduh pada laman SRO pada alamat sro.ut.ac.id.

 

Registrasi Keliling. Mahasiswa melakukan registrasi di tempat-tempat registrasi keliling yang telah ditetapkan dan dilakukan di luar kantor UPBJJ-UT. Informasi seputar registrasi keliling dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat.




 

Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka TA 2022/2023

Dikutip dari situs resminya, Universitas Terbuka membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 secara online dan bisa Anda lakukan mulai sekarang. Merujuk tahun ajaran sebelumnya, biasanya penerimaan mahasiswa baru akan ditutup pada pertengahan tahun. Untuk mendapatkan informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi Hallo-UT 1500024 atau SMS di nomor 08119050024.