Referensi universitas swasta termurah di Jakarta di bawah ini akan membantu siapa pun, khususnya millennial muda untuk tetap berkuliah meskipun memiliki kesibukan aktivitas yang tinggi. Kota Jakarta yang dikenal sebagai kota megapolitan ini ternyata masih memiliki universitas swasta yang biayanya terjangkau.

 

Anda yang tinggal di Jakarta dan ingin berkuliah dengan biaya murah, jangan lewatkan informasi berikut ini.

Setidaknya ada 9 universitas swasta termurah di Jakarta yang bisa menjadi rujukan sebelum benar-benar memutuskan di mana akan berkuliah. Universitas-universitas dengan biaya terjangkau ini tersebar di penjuru Jakarta sehingga bisa disesuaikan dengan domisili Anda untuk menghemat waktu.




 

Universitas Gunadarma, Depok

Universitas Gunadarma berada di peringkat ke-6 versi Webometrics edisi Juli 2020 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia yang kini sudah memiliki sejumlah kampus di beberapa daerah seperti Depok, Salemba hingga Kalimalang.

 

Sebagai salah satu universitas terbaik, Gunadarma menyediakan sejumlah jurusan favorit yang sudah terakreditasi A, seperti Akuntansi, Psikologi, Sastra Inggris, Ekonomi, Komputer dan berbagai prodi teknik.

 

Universitas Swasta Di Jogja Murah Dengan Akreditasi A BAN-PT

Untuk biaya kuliahnya, Universitas Gunadarma membagi ke dalam beberapa bagian seperti biaya SKS, uang gedung dan BPP (Biaya Pengembangan Pendidikan) dengan kisaran yang berbeda tergantung dari jurusan yang dipilih.

 

Contohnya untuk program studi S1 jurusan Sistem Komputer, biaya USP yang akan dibebankan kepada calon mahasiswa yaitu mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 13 juta dengan BPP sebesar Rp 2 juta dan biaya per SKS Rp 250 ribu.

Setelah lebih dari 20 tahun berdiri, Universitas Gunadarma berhasil menjadi salah satu PTS berkualitas dan bahkan menjadi institusi perguruan tinggi nasional yang berada di jajaran teratas.




 

Universitas Nasional, Jakarta

Universitas Nasional, Jakarta yang terletak di Jalan Sawo Manila, Pasar Minggu ini juga termasuk ke dalam universitas swasta terbaik dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau.

UNAS menawarkan berbagai program studi S1 yang sudah memiliki akreditasi A seperti Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Sosiologi, Ilmu Politik, Manajemen dan Biologi. Terdapat pula jurusan yang menjadi favorit para mahasiswa seperti Hubungan Internasional, Pariwisata, Ekonomi, Sistem Informasi, Informatika hingga Sastra.

 

Bahkan UNAS berhasil masuk peringkat 20 besar sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik berdasarkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Agustus 2020.

 

Seperti yang dilansir dari situs resmi UNAS, biaya kuliah salah satu fakultas yaitu Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Komunikasi sebesar Rp 3 juta untuk Uang Pembangunan Pendidikan (UPP) dengan Uang Paket Semester (UPS) sebesar Rp 8,5 juta. Tak perlu khawatir karena biaya tersebut dapat dicicil untuk meringankan beban mahasiswa atau orangtua siswa.




 

Universitas Mercu Buana, Jakarta

Universitas swasta terbaik selanjutnya yaitu Universitas Mercu Buana yang diketahui berhasi menyabet berbagai prestasi di dalam negeri maupun internasional. Contohnya saja, juara 2 untuk kompetisi tingkat nasional desain Pulau Kodingareng Keke yang digelar Ikatan Arsitek Indonesia.

 

Mercu Buana memiliki enam fakultas dengan 14 jurusan untuk program studi sarjana. Terdapat beberapa jurusan unggulan yang sudah memiliki akreditasi A seperti Broadcasting, Manajemen dan Akuntansi.

 

Meski masuk ke dalam salah satu perguruan tinggi swasta terbaik, biaya kuliah di Mercu Buana masih sangat terjangkau. Contohnya untuk jurusan Marketing Communication yang membebankan paket biaya kuliah sebesar Rp 14,5 juta.



 

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Jakarta

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin kuliah di kampus dengan kualitas pembelajaran terbaik tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

 

UBSI memiliki berbagai program studi yang bisa disesuaikan dengan minat calon mahasiswa seperti Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Sistem Informasi. Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Elektro, Ilmu Komunikasi dan Sastra Inggris.

Untuk menjangkau calon mahasiswa lebih luas, UBSI sudah dibuka di sejumlah daerah seperti Jakarta, Depok, Bekasi Tangerang, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan Pontianak.

 

Seperti yang dilansir dari situs resmi UBSI, uang semester untuk mahasiswa baru ajaran 2020/2021 sebesar Rp 1,98 juta dengan biaya tambahan Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu. Sedangkan untuk program S1 akan dikenakan biaya semester Rp 2,58 juta dengan tambahan biaya sebesar Rp 400 ribu hingga Rp 700 ribu.

 

Teknik Industri Terbaik Di Indonesia, Negeri (PTN) dan Swasta (PTS)

Universitas Bung Karno

Universitas Bung Karno menempati urutan pertama pada daftar universitas swasta termurah di Jakarta kali ini. Universitas yang biasa disebut UBK ini berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Dibangun dibawah Yayasan Pendidikan Soekarno, universitas ini memiliki motto “Student today, leader tomorrow” yang merupakan cita-cita untuk mencetak pemimpin.

 

Sebagai salah satu universitas swasta termurah di Jakarta, mahasiswa hanya dikenakan biaya yang tidak lebih dari Rp 800,000 setiap semesternya. Biaya kuliah juga tergantung dengan banyaknya SKS yang diambil. Mengambil SKS minimum pada setiap semesternya akan memperingan biaya yang dikeluarkan.



 

Universitas Indraprasta PGRI

Universitas Indraprasta PGRI masuk dalam daftar universitas swasta termurah di Jakarta pada urutan kedua. Perguruan tinggi yang biasa dikenal dengan nama Unindra ini berdiri dibawah naungan Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia. Biaya yang dikeluarkan mahasiswa Per semester biasanya hanya berkisar Rp 1000,000 saja.

 

Universitas Pamulang

Daftar universitas swasta termurah di Jakarta urutan ketiga adalah Universitas Pamulang atau biasa disebut Unpam. Kampus dengan biaya SPP persemester yang tidak lebih dari Rp 1000,000 ini banyak diminati karena cukup berkualitas. Banyak pula pilihan fakultas seperti Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, hingga Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.



 

Bina Sarana Informatika

Selanjutnya dalam daftar universitas swasta termurah di Jakarta adalah Bina Sarana Informatika. Universitas yang biasa dikenal dengan BSI ini cukup banyak dikenal karena memang banyak diminati. Selain murah, universitas juga menjamin lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

 

BSI dikategorikan sebagai universitas swasta termurah di Jakarta karena biaya setiap semesternya terjangkau. Biaya setiap semester yang dikeluarkan mahasiswa biasanya tidak lebih dari Rp 2,000,000. Lokasi BSI berada di Keramat Jati, Jakarta Timur.



 

Universitas Jayabaya

Perguruan tinggi dalam jajaran daftar universitas swasta termurah di Jakarta yang terakhir adalah Universitas Jayabaya. Lokasi kampus ini terletak di Pulomas, Jakarta Selatan. Meskipun biayanya cukup murah, namun kualitasnya tidak murahan. Delapan fakultasnya pun telah terakreditasi B.

 

Pilihan program studinya juga beragam seperti jurusan Hubungan Internasional, Teknik Kimia maupun Akuntansi. Universitas Jayabaya masuk kategori universitas swasta termurah di Jakarta karena biaya kuliahnya yang terjangkau. Pembayaran SKS dan SPP bisa dicicil. Pihak kampus juga memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa berprestasi.