Menjadi Supplier Online Shop Tangan Pertama adalah salah satu cara termudah untuk memulai bisnis online. Hal ini dikarenakan untuk memulai berjualan tidak harus memproduksi produk sendiri. Reseller/Dropshipper hanyalah jembatan penghubung antara produsen dan konsumen.

 

Namun, bisnis ini juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah mendapatkan pemasok tangan pertama yang andal dengan produk berkualitas. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis reseller/dropshipping, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kriteria supplier yang baik dan cara menemukannya.

 

Supplier Online Shop Tangan Pertama

Supplier Online Shop Tangan Pertama adalah produsen yang secara langsung memproduksi produk atau barang dalam jumlah banyak. Umumnya, mereka memiliki pabrik atau bengkel kecil sendiri untuk memproduksi produk mereka. Pabrikan ini banyak dicari oleh para pebisnis online karena bisa menawarkan harga yang lebih murah.



 

Harga yang ditetapkan oleh mereka biasanya merupakan kombinasi dari biaya produksi dan margin keuntungan yang diinginkan tanpa variabel tambahan lainnya. Inilah yang membuat penawaran lebih murah. Dengan harga yang lebih murah tentunya para reseller/drop shipper ini bisa lebih mudah mengatur keuntungan yang diinginkan saat menjualnya nanti.

 

Beli Barang Langsung Ke Distributor Offline Maupun Online

Kriteria Supplier Online Shop Tangan Pertama

Nah, untuk mengetahui Supplier Toko Online First Hand yang ideal, berikut kriterianya.

 

1. Memiliki produk yang berkualitas

Ingat, ketika Anda menjadi reseller/drop shipper, Andalah yang akan berhadapan langsung dengan konsumen. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik. Jangan ragu untuk pergi ke pemasok atau memesan barang sampel sehingga Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang produk.

 

2. Komunikasi yang lancar

Berbicara saja tidak cukup di sini. Pilih pemasok yang mudah dihubungi saat dibutuhkan. Misalnya saat stok barang menipis sedangkan permintaan terus berdatangan atau saat ada komplain produk dari konsumen.

 

3. Penawaran harga yang kompetitif

Harga yang ditawarkan pemasok tersebut harus mampu bersaing dengan yang ada di pasaran. Dengan cara ini, Anda juga dapat memiliki nilai lebih saat bersaing dengan produk yang sama di pasar.



 

4. Bisa diajak bekerja sama saat ada masalah

Carilah pemasok yang dapat Anda ajak bekerja sama ketika terjadi masalah, terutama yang berkaitan dengan produk mereka. Dengan cara ini Anda akan memiliki beberapa pilihan terbaik ketika keluhan pelanggan terjadi. Memang sulit mencari supplier yang ideal, tapi setidaknya poin-poin di atas sudah cukup menjadi patokan untuk mencari yang terbaik.

 

Cara Mencari Supplier Online Shop Tangan Pertama

Untuk menemukan pemasok tangan pertama sebenarnya mudah dan sulit. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk mendapatkannya. Berikut adalah Mencari Supplier Online Shop Tangan Pertama.

 

1. Mendatangi pabrik

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan produsen langsung. Saat Anda datang, Anda bisa menyaksikan langsung proses produksi hingga pengemasan produk. Namun, sebelum berkunjung, ada baiknya Anda membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik pabrik.

 

2. Cari di pasar grosiran

Pasar grosir dapat menjadi tempat berkumpulnya para pemasok langsung dalam menjual produknya. Meskipun beberapa mungkin bukan pemasok langsung, mereka tetap menawarkan harga yang lebih rendah karena mereka menawarkan paket pembelian grosir.

 

3. Menghadiri bazar

Bazaar atau pameran juga bisa menjadi tempat berkumpulnya para produsen langsung untuk memamerkan produknya. Biasanya pihak penyelenggara akan menyeleksi terlebih dahulu siapa saja yang bisa mengikuti pameran ini. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan produsen yang produknya telah dipilih sebelumnya.



 

4. Jelajahi Website

Dengan mencari kata kunci yang relevan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pilihan toko online yang merupakan produsen langsung atau pemasok langsung. Anda dapat melihat produk dan harga yang ditawarkan hanya dengan melihat melalui website. Namun terkadang harga yang ditawarkan kurang kompetitif.

 

5. Terlibat di dalam forum atau komunitas

Sejak lama, forum atau komunitas di internet bisa menjadi tempat bertukar informasi. Begitu juga dengan bisnis online ini. Saat ini sudah banyak forum online yang khusus membahas bisnis reseller/drop shipper. Tak jarang mereka yang berbagi informasi mengenai produsen langsung atau pemasok langsung tersebut.

 

Mendapatkan pemasok tangan pertama yang andal adalah kunci sukses bisnis online, terutama reseller/drop shipper dan warung. Sedikit tips, jika memungkinkan pilihlah lebih dari satu supplier untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda.

 

Apa Itu Supplier Online Shop Tangan Pertama?

Pemasok tangan pertama adalah produsen yang pertama kali memproduksi produk dalam skala besar. Produsen akan mengirimkan produknya sesuai dengan permintaan reseller atau dropshipper.

 

Biasanya mencari Supplier Online Shop Tangan Pertama adalah hal yang sulit, bahkan cara mencarinya sendiri menjadi tantangan tersendiri. Karena sudah banyak reseller atau dropshipper yang lebih dulu menggeluti bisnis ini, maka sulit untuk menentukan apakah produk yang dijual merupakan produk dari pemasok langsung atau bukan.

 

Misalnya Anda ingin menjual baju, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari supplier baju import tangan pertama di Shopee. Masalahnya, pakaian impor yang Anda temukan di pasaran mungkin tidak langsung berasal dari produsennya. Tapi, itu bisa diatasi jika Anda tahu caranya.



 

Nah, Shopee menawarkan beragam produk yang bisa kamu jual kembali. Misalnya Anda tidak ingin berurusan dengan stok barang, Anda bisa menjadi dropshipper. Dengan begitu, Anda bisa berjualan di Shopee tanpa stok. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari supplier untuk produk yang ingin Anda jual, kemudian membuat akun penjualan di Shopee sesuai dengan informasi dari supplier Anda.

 

Kenapa Harus Shopee?

Mencari supplier di Tokopedia sama saja dengan di Shopee. Tapi, kenapa harus Shopee? Nah, Shopee dikenal sebagai e-commerce yang menempati posisi teratas untuk kategori e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Oleh karena itu, nama Shopee sudah sangat terkenal bukan?

 

Semuanya ada di Shopee. Seperti produk fashion, produk kecantikan, peralatan olahraga, dan lain sebagainya. Logikanya, jika banyak orang yang menggunakan Shopee sebagai media jual beli online, maka bisnis reseller atau dropshipper di Shopee berpeluang mendatangkan keuntungan besar.

 

Meski e-commerce meroket, berjualan di Shopee tak selamanya memiliki keuntungan. Tentu saja, ada beberapa kelemahan yang dapat dianalisis.

 

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee Lebih Murah

Kelebihan Dropshipper atau Reseller di Shopee

  1. Banyak pengguna Shopee memilih Shopee sebagai platform utama untuk jual beli online.
  2. Manfaatnya besar menurut pengguna Shopee yang terdaftar.
  3. Ada berbagai fitur untuk menjual.
  4. Hampir semua kategori produk yang ingin Anda jual muncul di Shopee.

 

Kekurangan Dropshipper atau Reseller di Shopee

  1. Jumlah pengguna yang banyak dapat membuat sulit untuk menemukan pemasok dropship langsung.
  2. Persaingan harga yang ketat.
  3. Pencairan hasil penjualan membutuhkan waktu yang lama.
  4. Akun lama sering menjadi sorotan dibandingkan akun baru.



 

Tahapan Mencari Supplier Online Shop Tangan Pertama

Setelah mengetahui definisi Supplier Online Shop Tangan Pertama, pertanyaan selanjutnya adalah, “Bagaimana cara mencari supplier di Shopee?” Ini dia saatnya Anda memahami tips mencari supplier dropship di Shopee atau supplier tangan pertama bagi yang mau menekuni bisnis reseller.

 

1. Apa yang Ingin Anda Jual?

Sebelum fokus mencari pemasok langsung, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu produk yang ingin Anda pasarkan ulang. Hal ini memudahkan Anda untuk mencari pemasok nantinya. Tentukan produk mulai dari kategori, berapa banyak yang ingin Anda jual, serta target pasarnya.

 

2. Saatnya Buka Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee dapat diunduh di smartphone Anda, baik di Google Play Store maupun App Store. Setelah ada aplikasi Shopee di smartphone Anda, silahkan login ke akun Shopee Anda. Jangan lupa untuk menuliskan ide-ide yang Anda dapatkan sebelum mencari pemasok agar tidak menyimpang dari rencana.

 

3. Grosir Shopee

Di Shopee, Anda akan menemukan opsi menu “Shopee Wholesale” di halaman utama aplikasi Shopee. Silakan gulir melalui ikon menu Shopee sampai Anda menemukannya. Kemudian, setelah Anda mengklik “Shopee Grosir”, Anda akan diarahkan ke halaman arahan berikutnya.

 

4. Penjualan terbaik

Menu “Grosir Shopee” mengarahkan Anda ke menu selanjutnya yaitu “Cek Semua Toko Terlaris”. Silakan klik menu tersebut, lalu Anda bisa memilih kategori produk yang ingin Anda jual di landing page “Categories”.

 

5. Pilih Kategori Anda

Pada pilihan “Category”, silahkan pilih jenis produk yang diinginkan. Shopee menyediakan beberapa kategori secara khusus sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya satu per satu. Setelah Anda memilih kategori, nama-nama toko online yang direkomendasikan oleh Shopee akan muncul.



 

Coba cek mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa mengetahui bahwa toko tersebut adalah Supplier Online Shop Tangan Pertama dengan melihat berapa banyak barang yang diproduksinya. Selain itu, tingkat penjualan dari masing-masing toko juga menjadi penentu kamu untuk berbisnis sebagai reseller atau dropshipper lho. Jadi, perhatikan, ya.

 

6. Hubungi Pemasok Anda

Sudah tahu toko yang ingin dijadikan supplier? Sekaranglah saatnya untuk menghubungi pemasok langsung di Shopee. Tips, ajukan negosiasi untuk produk yang akan Anda jual kembali. Tentukan harga, jumlah, dan persyaratan untuk menjadi reseller atau dropshipper. Jika demikian, selamat menjual!

 

Penutup

Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis Supplier Online Shop Tangan Pertama dengan menjadi reseller atau drop shipper tentunya akan berhubungan dengan manajemen produk bukan?

 

Jika Anda seorang reseller, Anda hanya perlu menangani penjualan seperti promosi produk, sedangkan jika Anda seorang dropshipper, Anda juga harus menangani produk fisik dan berkomunikasi dengan pemasok.

 

Sumber: ginee.com dan mitra.bukalapak.com