Garuda Restaurant telah berdiri sejak tahun 1976 hingga sekarang. Kami bergerak di bidang pengelolaan makanan khas yaitu Minang dan Melayu, dimana alasan pendirian restoran ini adalah hasil survey bahwa Franchise Rumah Makan Padang Garuda terutama menyediakan makanan khas Minang dan Melayu di kota Medan.

 

Restoran Garuda yang didirikan pada tahun 1976 berawal dari niat pendirinya, almarhumah. H. Bakhtar, banting setir dari pedagang kain menjadi master bisnis kuliner. Kini, di bawah pengelolaan generasi kedua, RM Garuda memiliki 19 gerai, 16 gerai di kota-kota besar di Indonesia, dan tiga gerai di Singapura.

 

Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Contents

Restoran Padang Garuda merupakan salah satu Franchise Rumah Makan Padang Garuda yang dikenal memiliki harga yang terjangkau namun cita rasa yang tinggi. RM Padang. Minang Sepakat menyajikan masakan dengan bumbu khas Minangkabau, Sumatera Barat yang populer di dunia dengan harga makanan yang terjangkau.

 

Harga Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Harga kemitraan relatif terjangkau. RM Minang setuju untuk memberikan kerjasama, harga Franchise Rumah Makan Padang Garuda yang ditawarkan mulai dari Rp. 100 juta. Dengan modal tersebut, Anda bisa mendapatkan label dari franchisor, pelatihan dan pendampingan selama tiga bulan, peralatan masak, peralatan restoran di luar meja dan kursi, etalase, dan label restoran.

8. Franchise Rumah Makan Padang Garuda Minimal Order 500Rb
Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Kisah Sukses Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Zulhelfi, SE yang mengambil alih operasional RM Garuda sejak pendirinya meninggal dunia pada 1995 mengatakan kepada Julfini:

 

RM dan Buffet Garuda didirikan pada tahun 1976 oleh almarhum. H.Bakhtar. Cikal bakal pendiriannya dimulai dengan niat Bakhtar untuk menyimpang dari aktivitas kesehariannya berjualan kain di Pasar Komersial.

 

Menyadari kondisi perdagangan kain yang semakin menurun, Bakhtar memberanikan diri untuk mempelajari bentuk-bentuk usaha lain.

 

Sebelum menjalankan bisnis restoran, sang pendiri melakukan perjalanan ke Palembang untuk belajar dengan adiknya yang telah menjalankan bisnis restoran. Sekembalinya dari sana, Bakhtar memulai bisnis restoran pertamanya di Jalan Pemuda.

 

Saat itu, bangunan yang digunakan masih merupakan bangunan sewaan dan istrinya, Yulinar, juga membantu di dapur untuk memberikan arahan kepada para juru masak yang ada di menu.

 

Berkonsentrasi pada masakan Minang karena latar belakang Bakhtar di Padang. Untuk menambah modal, pada awal usahanya Bakhtar bergabung dengan saudaranya.

 

Namun di tengah jalan, terjadi perpisahan pada tahun 1990 dan berdiri sendiri hingga saat itu. Sejak Bakhtar meninggal pada tahun 1995, saya telah mengambil alih seluruh operasi RM Garuda.

 

Franchise Rumah Makan Padang Taraso Omzet Sehari 2 Juta

Bagaimana perjalanan Franchise Rumah Makan Padang Garuda?

Sama seperti bisnis lainnya, Franchise Rumah Makan Padang Garuda didirikan dengan perjuangan yang berat. Mulai dari minimnya pengunjung di tahap awal hingga kesulitan keuangan untuk mendanai bisnis, aset Bakhtar harus disita bank.

 

Namun dengan susah payah, Bakhtar mampu bangkit dan perlahan mulai mendirikan cabang dalam kota hingga luar kota. Kisah pasang surut juga terjadi pada tahun 2008, ketika salah satu cabang RM Garuda di Jalan Gajah Mada terbakar, dan setelah melalui proses renovasi akhirnya dibuka kembali pada tahun 2009.

 

Pelayanan Rumah Makan Padang Garuda

1. Delivery Order

Free delivery service untuk setiap pembelian menu makanan kami. Area servis hingga 10 KM.

 

2. Ala Carte

Nikmati hidangan kami langsung di rumah/kantor Anda. Minimal order Rp 500.000,-

 

3. Prasmanan

Untuk setiap acara spesial Anda. Untuk informasi bisa langsung menghubungi kantor kami.

 

Analisa Pasar Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Ekspansi awal dilakukan pada tahun 1978, RM Garuda memiliki cabang di luar kota yaitu kota Tebing Tinggi (saat ini tutup). Saat itu, pasar mulai terbentuk dan permintaan pelanggan mulai meningkat. Setelah melakukan analisis pasar, Bahktar mulai mengembangkan usahanya.

 

Setahun kemudian, pada tahun 1979, cabang kedua dibuka di Jalan Gatot Subroto (sudah ditutup). Saat ini RM Garuda memiliki 16 cabang RM Garuda di Indonesia antara lain 8 cabang di Medan, 1 cabang di Lampung, 5 cabang di Jakarta, dan 2 cabang anak perusahaan bernama “RM Berjaya”. Sedangkan di luar negeri, Garuda Restaurant memiliki 3 cabang di Singapura.

 

Sejak 1988, saya mulai berperan di sisi manajemen. Ia mulai masuk ke divisi produksi (dapur) untuk mengurus masalah pembelian, pemenuhan bahan baku, dan biaya. Bahkan untuk memperdalam ilmu dan pengalamannya, saya ditempatkan di Kota Lampung.

 

Di sana Bakhtar membuka cabang RM Garuda. Saat itu Lampung sedang dalam masa perkembangan pesat namun kekurangan fasilitas hiburan dan fasilitas restoran. Di Lampung, saya menghabiskan empat tahun mengembangkan bisnis restoran.

 

Bagaimana Strategi Franchise Rumah Makan Padang Garuda?

Dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Mempelajari karakter masyarakat sekitar, kemampuan konsumsi dan kepadatan lalu lintas menjadi pertimbangan. Untuk investasi bangunan, di awal perjalanan bisnisnya, Bakhtar menyewa sebuah gedung.

 

Setelah kondisi cukup stabil, perlahan mulai berani berinvestasi membangun aset. Sedangkan sebelum mengembangkan diri, saya melakukan riset pasar yang cukup mendalam.

 

Ia rela melakukan observasi langsung di lapangan selama berhari-hari untuk mempelajari karakter pasar dan wilayah yang dibidiknya.

 

Kegiatan ekspansi mulai meroket ketika membuka cabang di Jakarta pada tahun 2003. Setiap tahun manajemen menyediakan dana untuk pengembangan outlet dan promosi untuk pengembangan bisnis. Target rata-rata peningkatan omset ditetapkan sebesar 110-130%.

 

Franchise Donat Mokko Harga Mulai Rp 8 Ribuan per Donat

Bagaimana Kebutuhan Franchise Rumah Makan Padang Garuda

Kebutuhan juru masak disesuaikan dengan jumlah dan permintaan pengunjung. Koki yang digunakan bukan lulusan akademi memasak tetapi lebih banyak dicari oleh koki berpengalaman. Untuk menjadi juru masak, manajemen Garuda sangat selektif dalam memilih.

 

Fase ini harus dimulai dengan asisten juru masak. Setelah dinilai dengan pengalaman yang cukup, akan ditunjuk sebagai juru masak. Dengan banyaknya cabang, Zulhelfi harus membuat pusat produksi pangan yang terkonsentrasi. Di Medan, Restoran Garuda memiliki empat rumah produksi.

 

Setiap rumah produksi memiliki tiga orang untuk memastikan rasa dan kualitas makanan sebelum dijual di depan rak kaca. Sejak pukul 06.00 WIB, tim sudah siap melakukan pengecekan dan konfirmasi menu harian. Setelah dilakukan pengecekan, makanan tersebut didistribusikan oleh armada kendaraan boks pikap ke seluruh cabang yang belum memiliki rumah produksi.

 

Restoran Garuda awalnya didirikan di kota Medan. Restoran ini juga menjadi salah satu restoran yang paling ikonik dan wajib dikunjungi ketika seseorang berkunjung ke Medan. Namun, seiring berjalannya waktu, restoran Padang merambah ke Jakarta, Lampung, bahkan Singapura.

 

Garuda Restaurant didirikan oleh Bakhtar pada tahun 1976. Jangan heran, karena pendiri Garuda Restaurant awalnya adalah seorang pedagang kain lho.

 

Strategi yang membuat Restoran Garuda sukses sebagai salah satu ‘pemain’ restoran Padang yang disegani adalah riset pasar. Saat hendak membangun cabang, riset pasar dari manajemen Restoran Garuda sangat mendalam. Bahkan, mereka berani berinvestasi untuk membeli lahan restoran jika usahanya dinilai stabil.

 

Kemudian, jumlah juru masak yang dibutuhkan disesuaikan dengan jumlah pengunjung. Selain itu, seleksi penerimaan chef sangat ketat. Mereka yang menjadi juru masak harus terlebih dahulu menjadi asisten juru masak. Dengan begitu, Restoran Garuda dapat memberikan pelayanan terbaik dari tangan chef yang terlatih.

 

Akhir Kata

Sebagian besar Franchise Rumah Makan Padang Garuda tidak didirikan oleh orang-orang dari latar belakang keluarga kaya. Namun, tipikal strategi yang mereka gunakan benar-benar mampu membuat brand mereka terkenal hingga saat ini.

 

Sumber: restorangaruda.com, swa.co.id, daftarrestoranindo.web.id, lifepal.co.id dan franchisecaferesto.com